Dinkes Kabupaten Tangerang Sebar Edaran Antisipasi Cacar Monyet

oleh -

Palapanews.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Kesehatan mulai mengantisipasi beredarnya penyakit cacar monyet atau monkeypox. Langkah awal yang diambil yakni dengan mengeluarkan edaran dan imbauan yang disebar ke Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Desiriana Dinardianti mengatakan langkah yang diambil merupakan upaya antisipasi pencegahan penyakit langka itu. Meski begitu, diakuinya belum ada laporan kejadian kasus cacar monyet di Kabupaten Tangerang.

“Belum ada kejadian di kita (Kabupaten Tangerang). Tapi kita sudah buatkan edaran ke masing-masing Puskesmas,” kata Desiriana Dinardianti.

Senada, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi menjelaskan cacar monyet adalah penyakit langka yang disebabkan oleh virus.

Cara penularan penyakit tersebut terhadap manusia adalah melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi seperti primata, tikus atau hewan pengerat lain.

“Penularan dari manusia ke manusia juga dapat terjadi melalui percikan air ludah, luka pada kulit penderita, atau objek yang telah terkontaminasi cairan tubuh penderita,” terangnya.

Komplikasi cacar monyet ini, lanjut Hendra Tarmizi, infeksi bakteri pada luka, infeksi paru (Pneumonia), gangguan pernafasan, infeksi mata, kebutaan, radang otak (ensefalitis) dan kasus kematian mencapai 1-10 persen. (mat)

Komentar Anda

comments