Dindikbud Tangsel Matangkan Persiapan PPDB SMP 2019

oleh -
Kepala Dindikbud Tangsel Taryono. Foto: Nad

Palapanews.com- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP di Tangerang Selatan (Tangsel) akan dimulai pada 25 Juni mendatang. Diketahui, sekitar 23 ribu murid lulusan Sekolah Dasar (SD) akan melanjutkan ke jenjang SMP.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Tangsel pun sudah menggelar beberapa kali rapat persiapan baik itu dengan Walikota Tangsel, Wakil Walikota Tangsel, Dinas Kominfo Tangsel dan dinas terkait lainnya.

Kepala Dindikbud Tangsel, Taryono mengatakan pihaknya akan mengevaluasi kesalahan PPDB pada tahun lalu. Ia juga mengaku sudah menyiapkan uji coba PPDB atau simulasi yang akan dilaksanakan pada akhir Mei dan minggu kedua Juni.

“Kami sedang mempertajam regulasi dan berkoordinasi dengan Kominfo Tangsel untuk sinkronisasi data. Kemudian nanti akan dipersiapakan simulasi PPDB sebanyak dua kali pada akhir bulan Mei dan minggu kedua bulan Juni. Dari simulasi itu, kita akan perbaiki kesalahan yang muncul,” terang Taryono, Senin (13/5/2019).

Ia berharap, PPDB bisa berjalan lancar dengan adanya simulasi tersebut. Dalam rapat, Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany berpesan agar PPDB dilaksanakan dengan lancar dan kondusif serta ikuti aturan dan ketentuan.

“Ya pada simulasi PPDB nanti, semua peserta untuk mendaftar waktu bersamaan, menguji sistemnya. Sejauh ini, Diskominfo sudah menyiapkan server spesifikasinya dengan baik. Saya harap PPDB berjalan dengan baik dan tidak ada kendala dengan sistem,” ucapnya.

Selain dengan Diskominfo, Dindikbud Tangsel juga akan berkolaborasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) guna memeriksa data para peserta PPDB. Apakah sudah terdaftar dalam sistem Dukcapil Tangsel atau belum terdaftar.

“Koordinasi dengan Dukcapil agar memastikan datanya memenuhi persyaratan untuk bisa masuk kedalam sistem. Karena untuk masuk ke dalam sistem PPDB nanti harus memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan),” beber Taryono. (nad)

Komentar Anda

comments