Tips Memakai Laptop dengan Tepat agar Tidak Mudah Rusak

oleh -
Laptop murah di Bukalapak. Foto: Ist

Palapanews.com- Banyak orang yang menggunakan laptop tanpa memperhatikan kesehatan laptopnya sendiri. Padahal ini menjadi hal penting agar laptop Anda tidak mudah terjangkit penyakit, baik itu dari segi komponen luar ataupun komponen dalam. Meskipun harga laptop Acer terbaru sekarang cukup murah, merawat laptop perlu dilakukan agar laptop tetap awet.

Tips Memakai Laptop
Untuk sebagian orang, jarang sekali memperhatikan kondisi laptop yang mereka miliki. Bisa dikatakan kalau mereka punya laptop asal pakai tanpa peduli kapasitas laptop itu sendiri. Padahal, daya tahan laptop dengan PC itu sangat jauh berbeda. PC cenderung lebih kuat dan tahan lama sedangkan laptop sedikit lebih rentan kalau Anda tidak merawat dan memakainya dengan bijak.

Hampir setiap saat kita menggunakan laptop untuk berbagai kebutuhan pribadi kita. Entah itu untuk mengerjakan tugas sekolah, tugas kuliah, menyelesaikan pekerjaan dari kantor, atau hanya untuk bersenang-senang seperti bermain game. Hal ini tidak sebanding dengan cara kita merawatnya agar tetap awet. Maka dari itu, ada baiknya kalau Anda mengetahui tips memakai laptop dengan tepat agar tidak mudah rusak di bawah ini.

1. Jangan Terlalu Sering Bermain Game Berat
Kebiasaan yang seperti inilah yang bisa menyebabkan laptop Anda mudah rusak. Untuk Anda yang sangat suka gaming atau gamer lebih baik memakai PC yang kondisinya lebih kuat. Memakai laptop untuk bermain game yang berat menyebabkan komponen dalam laptop Anda mengalami overheat. Selain itu, hal ini dapat menyebabkan baterai laptop Anda mudah bocor. Jadi, mulai sekarang gunakanlah laptop untuk bermain game sesekali saja.

Namun, memang ada beberapa brand yang mendesain laptop untuk kebutuhan gaming. Seluruh komponennya sudah disesuaikan dengan kebutuhan para gamer. Jadi, Anda yang menyukai game tidak perlu khawatir laptop akan memiliki masalah. Anda bisa cek harga laptop Acer terbaru untuk mengetahui harga laptop yang didesain untuk gaming.

2. Jangan Memakai Laptop di atas Kasur
Memakai laptop di atas kasur memang tidak bisa dipungkiri membuat kita lebih nyaman. Tapi perlu Anda ketahui, kebiasaan ini menyebabkan laptop Anda tidak bisa mengeluarkan panas yang sempurna. Alhasil laptop Anda akan mengalami overheat. Untuk alternatif lain, gunakanlah laptop di atas meja atau menggunakan cooling pad.

3. Jangan Menaruh Barang di atas Laptop
Kebiasaan seperti ini terkadang disepelekan oleh para pengguna laptop. Padahal akibatnya sangat fatal. Mulai sekarang hindari menyimpan barang-barang berat di atas laptop. Karena hal ini mengakibatkan kerusakan pada layar laptop Anda dan beberapa komponen di dalamnya.

4. Jangan Biarkan Laptop Anda Terkena Sinar Matahari
Hindari kontak langsung antara laptop Anda dari sinar matahari. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa komponen pada laptop yang rentan rusak kalau terkena sinar matahari.

Meskipun laptop yang dibeli dengan harga laptop Acer terbaru ini memiliki komponen yang canggih, laptop akan tetap berumur pendek kalau terjadi kontak langsung dengan sinar matahari. Jadi, usahakan memakai laptop didaerah yang teduh kalau Anda sedang berada di luar ruangan.

5. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Berlebihan
Menggunakan laptop seharian tanpa mempertimbangkan kondisinya merupakan kebiasaan yang tidak baik. Karena laptop bukanlah PC yang bisa digunakan 24 jam non-stop. Maka dari itu, gunakanlah laptop seperlunya untuk menghindari terjadinya overheat yang berlebihan. Kalau Anda sedang tidak menggunakan laptop, sebaiknya Anda matikan saja.

Itulah tips memakai laptop dengan tepat yang bisa Anda lakukan agar tidak mudah rusak. Kalau kita perhatikan, sebenarnya penyebab laptop Anda mudah rusak yaitu karena cara pemakaian yang tidak ramah pada laptop Anda sendiri. Tapi cara pemakaian yang demikian tidak serta merta bisa disalahkan, karena spesifikasi laptop yang bagus juga diperhitungkan. Seperti spesifikasi, komponen, dan harga laptop Acer terbaru yang tak boleh luput dari pertimbangan.

Nah bagi Anda yang ingin membeli laptop baru bisa langsung menuju ke Bukalapak.com. Laptop Acer Aspire juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk membantu menyelesaikan seluruh tugas-tugas digital Anda. (red)

Komentar Anda

comments