Air Cisadane Meluap, Kota Tangerang Siaga 1

oleh -

Palapanews.com Dua pintu air di Bendungan Irigasi Cisadane Pintu 10 Kota Tangerang dibuka, Jumat, 26 April 2019.

Dibukanya pintu air tersebut disebabkan oleh kondisi debit air di Sungai Cisadane mengalami kenaikan dan berada pada posisi siaga satu. Hal ini disebabkan oleh tingginya curah hujan di Bogor dan Tangerang.

“Curah hujan nya sangat tinggi, dan air dari bendungan Batu Belah pun dibuka, sehingga Kota Tangerang berada pada posisi siaga satu,” kata Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah saat berkomunikasi dengan penjaga Bendungan Irigasi Pintu 10.

Orang nomor satu di Kota Tangerang tersebut¬† juga menanyakan kondisi saat ini kepada penjaga bendungan. “Sekarang posisinya berada diketinggian berapa?,” tanya Arief kepada penjaga bendungan.

“Sekarang ada diposisi 11 meter, dan ada dua pintu air yang sudah dibuka,” jawab petugas kepada Walikota Tangerang.

Terpantau sejak pukul 06.00 WIB pagi, Sungai Cisadane sudah meluap dan membanjiri yang berada di bantarannya.

Bahkan luapan Cisadane terlihat jelas dari atas Jalan Tol Tangerang menuju Jakarta. “Kemarin enggak hujan, panas mentereng. Tau-tau pagi ini Cisadane meluap parah, saya ngeri lihatnya,” imbuh Hasan, salah seorang pengguna jalan tol.

Dia juga melihat restoran keluarga Istana Nelayan yang memang berada di pinggir Sungai Cisadane yang terlihat atapnya saja.” Biasanya memang kalau banjir restoran itu ikut kena, tapi ini parah, masa atapnya doang yang terlihat,” tuturnya lagi.

Sementara itu, akibat tingginya volume air, ada beberapa lokasi yang tergenang, seperti Jalan Kali Pasir, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, restoran Istana Nelayan di kawasan Kebon Nanas, serta kawasan Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang. Dan, meluapnya air Sungai Cisadane juga mengakibatkan kemacetan yang cukup panjang seperti di Jalan MH Thamrin. (ydh)

Komentar Anda

comments