500 Anak Adu Bakat di Kompetisi Robotic Terbesar di Indonesia

oleh -
Pemukulan gong oleh robot yang dikendalikan oleh Group CEO Associate PT. BSD, Yonas Yasahardja dan Chairman IYRC Firdiansyah di ICE BSD, Minggu (14/4/2019). Foto: Nad

Palapanews.com- Untuk kedua kalinya, Sinar Mas Land berkolaborasi dengan Asian Robotic Competition Committee dan Racer Robotic menggelar Indonesian Youth Robot Competition (IYRC) 2019. Kegiatan yang digelar di ICE BSD City, Minggu (14/4/2019) ini diikuti 500 anak.

Dengan mengangkat tema My Robot Helps Us ditahun ini, Firdiansyah selaku Chairman IYRC mengatakan sekitar 500 siswa dari 120 sekolah di Jabodetabek mengikuti acara berskala nasional ini sebagai agenda menuju kompetisi robotic kelas dunia IYRC 2019 di Korea Selatan pada Agustus mendatang.

“Dengan pilihan kategori yang diadaptasi dari lomba robotic international yakni, Robot Soccer, IoT Games, Kinder Mission, Super Maze Solving, Push Push Sumo, Creative Maker, Humanoid Mission, Volley Ball dan Drone Mission,” bebernya.

Menurutnya, Indonesia selalu menjadi juara umum. Oleh sebab pihaknya berharap dari 500 peserta yang terdiri dari 3 level yaitu TK, SD dan SMP-SMA ini bisa membanggakan nama Indonesia kelak.

“Lomba ini merupakan ajang bagi anak-anak untuk mengasah kemampuan sejak dini di bidang Science Technology, Engineering dan Math (STEM). Mereka ditantang untuk memiliki kreatifitas dan kemampuan teknologi, serta menjadi problem solver. Serta menjadi sarana untuk melatih entrepreneurship skill berbasis teknologi, atau technopreneur,” jelasnya.

IYRC selalu mengunggulkan tema pertanian berbasis Indonesia dengan pendekatan robotic berbasis agribisnis. Seperti pengairan dalam persawahan. Kemudian, kategori creative maker yang tersulit karena mengajarkan temuan-temuan ilmiah. Dengan platform IoT, maka bisa real time, sehingga jika ada kecelakaan bisa langsung diketahui.

Sementara Irawan Harahap, Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land mengungkapkan, pemenang dalam kompetisi tahun ini akan difasilitasi oleh Sinar Mas Land dan RACER Robotic untuk mewakili Indonesia di ajang IYRC 2019 yang akan berlangsung di Korea Selatan pada Agustus 2019 dengan peserta dari 20 negara.

“Dengan diselenggarakannya perhelatan akbar berskala nasional ini, diharapkan anak-anak Indonesia dapat bersaing di era digital yang dipenuhi dengan perkembangan high-technology seperti saat ini,” ujarnya.

IYRC sendiri dipersembahkan oleh Sinar Mas Land sebagai bagian dari program untuk mewujudkan sebuah ekosistem digital dan tekhnologi di BSD City yang kini tengah bertransformasi menjadi Integrated Smart Digital City. Pihaknya akan terus mendukung perkembangan teknologi digital, dengan mengembangkan Digital Hub, sebuah kawasan yang didedikasikan untuk kemajuan ekonomi digital di Indonesia. (nad)

Komentar Anda

comments