Ini, Yang Harus Dilakukan Pemilik Anjing

oleh -
Tal Show tentang kesehatan anjing. foto : budi

Palapanews.com – Anjing dan kucing memiliki anatomi fisiologis yang berbeda dengan manusia, sehingga mereka memerlukan nutrisi yang berbeda pula dengan manusia.

Faktanya anthropomorphism atau pemahaman yang menganggap bahwa hewan memiliki kebutuhan yang sama dengan manusia – (memanusiakan hewan) tidaklah dapat diterapkan. Saat ini tren memiliki hewan kesayangan tumbuh pesat, Jakarta merupakan salah satu trend setter.

“Karena memiliki hewan kesayangan terbukti membawa keceriaan dan membuat hidup kita menjadi lebih baik dan semarak. Salah satu hewan kesayangan yang banyak dipelihara adalah kucing dan anjing,” ungkap Donny Bustaman dari Royal Canin dalam acara Talk Show bagi pemilik anjing, Sabtu (30/03/2019) di Bogor.

Pemilik anjing, tegas Donny, harus menjadi pemilik yang bertanggung jawab. Bagaimana caranya? Yaitu dengan cara memberikan yang terbaik dari sisi nutrisi, melakukan vaksinasi untuk pencegahan terhadap penyakit secara rutin setahun sekali, pemberian obat cacing dan kutu serta rutin melakukan pemerikasaan kesehatannya ke dokter hewan.

“Jangan mengobati sendiri, karena gejala yang sama bukan berarti anjing menderita penyakit yang sama,” tegas Donny lagi.

Menjadi pemilik anjing yang bertanggung jawab berarti juga mencegah penyebaran penyakit zoonosis (penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia), mendukung program pemerintah dalam pemberantasan penyakit rabies atau mempertahankan wilayah bebas rabies dengan melakukan vaksinasi teratur sehingga dapat tercipta dunia yang lebih baik untuk hewan kesayangan.

“Untuk itu, sebagai salah satu strategi Royal Canin yaitu selalu menciptakan nilai di ekosistem. Kami mempercayai kebersamaan. Jika kita memberikan nilai kepada yang lain, maka mereka pun akan menciptakan nilai untuk kita dan sukses jangka panjang kita,” papar Donny.

Ekosistem kami, katanya, sangat luas, meliputi: pemilik pet shop, dokter hewan, cattery, institusi, asosiasi anjing dan kucing, dan tentu saja pemilik dan hewan kesayangannya. Untuk menambah nilai di ekosistem, Royal Canin Indonesia bermitra dengan Groovy Pet Services menyelenggarakan acara talk show.

Diinformasikan, CANIN dengan filosofi “Dog and Cat First” dan “Knowledge and Respect” merupakan produsen nutrisi kesehatan untuk anjing dan kucing terkemuka yang berasal dari Perancis.

Didirikan pada 1968 oleh seorang dokter hewan, Jean Cathary yang menemukan bahwa gangguan kesehatan yang terjadi pada pasiennya, anjing-anjing German Sheperd (Herder) disebabkan asupan makanan yang tidak tepat kandungan nutrisinya karena berasal dari masakan rumahan yang lebih tepat untuk manusia.

Karena kesehatan tubuh bergantung pada asupan nutrisi. Atas dasar inilah Dr. Jean Cathary mendirikan Royal Canin agar dapat selalu menghasilkan nutrisi yang tepat untuk setiap jenis individu anjing dan kucing.(bd)

Komentar Anda

comments