Asyik, Airin Mau Naikkan Insentif Kader Kesehatan Tangsel

oleh -
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany pada kegiatan kader kesehatan di Serpong. Foto: Ist

Palapanews.com- Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany akan menaikan insentif kader kesehatan pada 2020 mendatang. Tahun 2019 ini, pemerintah daerah sedang menyusun regulasinya.

“Tahun ini lagi penyusunan anggaran untuk kenaikan insentif kader kesehatan di 2020,untuk besarannya sedang dalam kajian, namun InsyaAllah tahun 2020 ada kenaikan untuk kader kesehatan,” kata Airin dalam pembinaan kader kesehatan di Serpong, Minggu (31/3/2019).

Airin mengungkapkan, kenaikan ini sebagai tanda terima kasih Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel kerena posisi Dinas Kesehatan dalam RPJMD sudah terlampaui, namun ada satu yang belum yakni berupa kematian melahirkan ibu dan anak yang seharusnya 1:1 ini masih ditemukan 1:2.

“Ini Pekerjaan Rumah (PR) kita semua, semakin sedikit yang meninggal semakin baik, apalah nilai laporan Lkip kalau ini belum terwujud. Target ini untuk menjadikan kita agar lebih fokus, untuk mewujudkan 1:1 kematian saat melahirkan, “ucapnya.

Tidak hanya mengajak para kader untuk mewujudkan kesehatan ibu hamil dan melahirkan, namun dalam kegiatan tersebut Dinas Kesehatan melalui bidang kesehatan masyarakat memberikan informasi sistem pelaporan kader.

“Sekarang pelaporannya dirubah berdasarkan jumlah rumah dan kader,misalnya kadernya 6 orang dan rumahnya 300, jadi 300 dibagi dengan jumlah kader, berarti 1 kader yakni 50 rumah, dibagi jumlah bulan per tahun, karena ini sudah bulan maret, maka dibagi 10 bulan. Sehingga satu bulan satu kader hanya mencatat atau mendatangi 5 rumah,” jelasnya. (hms)

Komentar Anda

comments