Pelaku UKM Depok Belajar Pemasaran Digital

oleh -
Gapura menuju Kota Depok. Foto: Net

Palapanews.com- Sebanyak 75 pelaku usaha mikro (UM) di Kota Depok mengikuti workshop Peluang UMKM Kuliner di Era Industri 4.0 Bersama Pesona Nusantara. Kegiatan yang digagas Komunitas Rumah Kreatif Belimbing (RKB) dan JNE Ekpress ini, bertujuan untuk menambah wawasan para peserta dalam memasarkan produknya.

“Kami memfasilitasi antara pelaku UM dengan JNE melalui program Pesona Nusantara. Program tersebut, memberikan peluang pasar digital bagi para pelaku UM, khususnya kuliner agar produknya dipasarkan ke seluruh Indonesia,” kata CoFounder RKB, Yosep Susanto di Aula Perpustakaan Kota Depok, Senin (25/3/2019).

Dengan kolaborasi tersebut, dirinya berharap, produk kuliner di Depok semakin dikenal luas. Tentunya, kata Yosep, secara omzet maupun pendapatan bersih pun bisa meningkat.

Yosep mengatakan, peserta yang bisa mengikuti pembinaan, merupakan para pelaku usaha yang sudah memenuhi aspek legalitas usahanya. Mulai dari izin usaha, sertifikat halal, atau Sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT).

Sementara itu, Kepala Sales dan Marketing JNE Kota Depok, Adi Permana menuturkan, Pesona Nusantara merupakan salah satu program yang digagas JNE sebagai komitmen memajukan UMKM, khususnya di Kota Depok. Program Pesona ini, sambungnya, merupakan tempat pemasaran (marketplace) digital dengan cakupan konsumen yang lebih luas.

Dikatakannya, materi pembinaan yang diberikan terkait pengenalan Pesona Nusantara dan manfaat bergabung bersamanya. Sekaligus kiat-kiat mengirimkan produk melalui JNE, agar produk tetap segar sampai ke tangan pembeli.

“Intinya para pelaku usaha ini daftar produknya ke website kami, apabila ada pesanan akan kita informasikan kepada pemilik usahanya. Nanti mereka menyiapkan produk dan mengirimkannya melalui titik pengiriman yang ditunjuk. Lalu kita kirim produknya, kemudian untuk pembayarannya kita transfer balik ke pelaku UM,” ucapnya. (kom/red)

Komentar Anda

comments