Jantung Berdebar saat Maag Kumat? Ini Penyebabnya

oleh -
Bedakan nyeri dada karena asam lambung dan jantung.

Palapanews.com- Maag merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi di masyarakat, penyebabnya yaitu karena ada gangguan pada pencernaan. Banyak komplikasi yang dirasakan saat terserang maag. Mulai dari sakit kepala, mual, maupun sering sendawa.

Pada beberapa kasus, orang dengan maag kerap kali juga merasakan jantung yang berdebar hebat. Lantas, apakah masih dikatakan normal jika jantung berdebar saat maag? Atau jangan-jangan ini tanda bahaya? Simak jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Sekilas mengenai jantung berdebar
Jantung berdebar, atau dalam istilah medis disebut dengan palpitasi, merupakan kondisi yang terjadi ketika irama jantung berdetak lebih cepat dari keadaan normal.

Sensasi ini bisa menjalar hingga terasa di bagian leher, tenggorokan, dan dada. Pada sebagian kasus, jantung yang berdebar tidak berbahaya. Namun, kondisi ini juga bisa menandakan adanya masalah serius pada tubuh Anda.

Apakah jantung berdebar saat maag termasuk normal?
Sebelum mencari tahu lebih lanjut, sebaiknya Anda ketahui dulu beberapa hal yang bisa menyebabkan jantung berdebar, seperti kelelahan fisik, kecemasan, perubahan hormon, kafein, nikotin, serta beberapa obat yang mengandung stimulan, contohnya obat batuk, obat pilek, dan inhaler asma.

Dilansir Hellosehat dari laman Healthline, kasus maag sebenarnya tidak memiliki keterkaitan langsung dengan kerja jantung, terlebih rasa berdebar yang tidak normal pada jantung. Akan tetapi, saat maag Anda kambuh, biasanya muncul perasaan cemas yang berlebihan. Hal inilah yang diperkirakan menjadi penyebab jantung Anda berdebar hebat.

Adakah obat yang bisa dikonsumsi ketika mengalami jantung berdebar saat maag?
Jika jantung berdebar tidak disebabkan oleh masalah jantung, melainkan akibat dari maag, Anda bisa mengonsumsi obat maag untuk meredakan debaran tersebut. Cara lain untuk meredakan jantung berdebar karena maag adalah menerapkan gaya hidup sehat dan mengurangi atau bahkan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan maag kambuh.

Salah satu contoh penerapan gaya hidup sehat adalah dengan mengatasi perasaan cemas saat terjadi maag sehingga gejala jantung berdebar dapat berkurang. Berikut merupakan contoh cara mengatasi perasaan cemas:

  • Bila memungkinkan, hindari aktivitas yang bisa menyebabkan stres atau cemas.
  • Sering-seringlah melakukan latihan pernapasan dalam.
  • Tambahkan aktivitas rutin ke jadwal harian Anda, seperti melakukan yoga, meditasi, ataupun olahraga ringga
  • hingga sedang. Hal ini mampu meningkatkan hormon endorfin (hormon yang mampu meningkatkan perasaan senang) dan mengurangi stres.

Lantas, apa yang bisa dilakukan jika jantung berdebar terus-menerus?
Bila debaran pada jantung terjadi berulang-ulang dan dalam waktu yang lama, mungkin ada masalah pada organ vital Anda ini. Sebaiknya segera cari pertolongan medis untuk mengetahui penyebabnya. Pasalnya, jantung yang berdebar dalam frekuensi yang sering bisa mengarah pada kondisi masalah jantung yang serius. Bahkan risiko ini akan meningkat lebih tinggi jika Anda memiliki riwayat anggota keluarga yang memiliki masalah pada jantung.

Pada intinya, kondisi jantung berdebar saat maag masih dikatakan normal asalkan tidak menunjukkan gejala-gejala yang lebih buruk. Namun, jika semakin hari kondisi Anda semakin memburuk atau debaran jantung tidak hilang setelah gejala maag sembuh, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda persiapkan sebelum melakukan konsultasi dengan dokter:

  • Catat keluhan apa saja yang Anda rasakan selama mengalami masalah tersebut.
  • Tulis seluruh daftar obat yang Anda konsumsi untuk meredakan rasa sakit.
  • Tulis pertanyaan yang sekiranya akan Anda ajukan pada dokter.

Komentar Anda

comments