Punya Sakit Maag Minum Air Dingin, Boleh Kah?

Palapanews.com- Penyakit maag yang kambuh, pasti membuat kegiatan Anda jadi terganggu. Untuk itu, orang dengan kondisi ini harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan atau minum, agar gejalanya tidak muncul. Nah, apakah minum air dingin jadi salah pantangan bagi orang dengan penyakit maag? Cari tahu jawabannya pada ulasan berikut.

Pentingnya air bagi orang yang punya maag

Lambung menghasilkan asam yang berguna untuk membantu reaksi beberapa zat di dalam tubuh serta membunuh kuman atau bakteri yang ada pada makanan. Namun, produksi asam lambung ini bisa diproduksi lebih banyak dari yang dibutuhkan. Kondisi ini dikenal juga dengan refluks asam lambung atau maag.

Dikutip dari Hellosehat, asam lambung yang berlebihan bisa naik ke area kerongkongan dan menyebabkan sensasi perih dan panas (heartburn). Selain heartburn, orang dengan penyakit maag juga sering kali bersendawa, mual, dan sakit perut. Agar gejalanya dapat diringankan, pilihan makanan dan minuman harus aman bagi lambung.

Jika Anda memiliki penyakit maag, minum air lebih banyak bisa membantu Anda mencegah gejala kambuh. Bagaimana bisa? Air yang masuk ke tubuh bisa menetralkan asam lambung yang mencapai kerongkongan.

Bolehkah minum air dingin jika punya maag?

Nah, manfaat baik dari minum air tentu sayang jika disia-disiakan oleh Anda yang memiliki penyakit maag. Namun, bolehkah minum air dingin atau air es? Apakah manfaatnya akan tetap sama?

Air dingin memang bisa memanjakan lidah dan terasa lebih menyegarkan. Namun, Anda perlu tahu jika air dingin bisa membuat perut lebih cepat kenyang dan makanan jadi lebih sulit untuk dicerna dengan baik. Apalagi jika air dingin dijadikan sebagai teman makan siang, sarapan, atau makan malam.

Air dingin bisa membuat Anda jadi lebih cepat haus, sehingga cenderung akan minum terus. Akibatnya, perut Anda bisa kembung.

Gangguan dalam mencerna makanan dan kekenyangan jadi faktor penyebab gejala maag kambuh kembali. Jadi, lebih baik Anda memilih air yang suhunya tidak terlalu dingin. Misalnya air hangat atau air biasa saja. Pilihan air ini lebih aman untuk pencernaan Anda.

Perhatikan juga hal berikut saat Anda minum air

Selain suhu air, pastikan juga Anda pilihan air yang Anda minum juga aman bagi lambung. Hindari minuman yang mengandung tambahan perasa asam, mengandung banyak kafein, atau bersoda. Minuman tersebut bisa memicu lambung untuk memproduksi asam lebih banyak dan gejala maag bisa kambuh.

Beberapa minuman yang sebaiknya Anda hindari adalah kopi, minum berkarbonasi atau bersoda, alkohol, dan ditambah atau terbuat dari buah-buah yang asam, seperti jus jeruk. Alternatifnya, Anda bisa menikmati teh herbal, jus dari buah semangka atau wortel.

Kemudian, perhatikan lagi kebiasaan minum ketika makan. Anda memang harus makan sedikit-sedikit tapi sering untuk mencegah perut kekenyangan. Nah, aturan ini berlaku juga ketika Anda minum air di jam makan.

Saat Anda makan, area perut membutuhkan asam untuk mencerna makanan. Jika Anda punya kebiasaan beberapa kali minum saat makan, asam lambung akan berubah kadarnya. Akibatnya, lambung tidak dapat mencerna makanan dengan sempurna. Minum air beberapa kali di sela-sela makan juga bisa menyebabkan otot LES (lower oesophageal sphincter) pada kerongkongan jadi terbuka. Ini memungkinkan gas “bocor” dan naik ke kerongkongan hingga menyebabkan heartburn. Jadi, lebih baik Anda minum sebelum dan sesudah makan. (hs)

Komentar Anda

comments