Pemkab Tangerang Temukan 410 Warga Anomali

Palapanews.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menemukan sebanyak 410 ribu data warga anomali (data tidak lazim) dari 3,6 juta warga Kabupaten Tangerang yang sudah terdata.

Ratusan ribu data anomali tersebut didapatkan dariĀ Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri untuk mengurusĀ nomor induk kependudukan (NIK).

“Jadi dari total 3,6 juta penduduk Kabupaten Tangerang sesuai rilis Badan Pusat Statistik (BPS), ternyata baru sekitar 2,7 juta jiwa yang sudah memiliki nomor induk kependudukan (NIK),” ujarĀ Asisten Daerah Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Sosial, Hery Heriyanto, Jumat, 22 Februari 2019.

Hery menjelaskan, karena ini sudah mendekati pencoblosan pemilihan umum, pihaknya pun terus mendata setiap warganya agar tidak ada warga yang tidak memiliki KTP atau KTP ganda.

“Belum tentu dari 410 ribu warga yang dinyatakan anomali tersebut belum melakukan perekaman. Karena ada juga data yang ganda akibat alamat yang berbeda atau karena perbedaan data lainnya,” kata Hery.

Menurut Hery, Pemkab Tangerang akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisir data anomali tersebut. Sehingga pada pelaksanaan pemilu legislatif dan pilpres 17 April 2019, warga Kabupaten Tangerang akan menggunakan hak pilihnya, baik melalui daftar pemilih tetap (DPT), daftar pemilih tambahan (DPTb), maupun melalui penggunaan KTP elektronik sesuai ketentuan undang-undang.

“Saat ini kami tengah melakukan pendataan door to door melalui kecamatan masing-masing. Saya harap data warga anomali tersebut dapat segera terselesaikan,” jelasnya.

Selain data anomali, Hery menambahkan, di Kabupaten Tangerang juga terdapat sekitar 500 ribu penduduk tapi bukan warga Kabupaten Tangerang. Misalnya satu nama yang tercatat di Kependudukan Kabupaten Tangerang, sementara orang itu tinggal di Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan atau daerah lainnya.

“Kedepan ini juga akan ditertibkan secara administrasi. Sehingga dataĀ  jumlah penduduk Kabupaten Tangerang akan benar-benar valid,” katanya.(rik)

Komentar Anda

comments