UNBK Jenjang SMP, Dindikbud Tangsel Terus Lakukan Persiapan

oleh -
Siswa SMP mengikuti simulasi UNBK yang dilaksanakan Dindikbud Tangsel. Foto: Ist

Palapanews.com- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus melakukan persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi siswa tingkat SMP/MTs yang dilaksanakan pada 23 April hingga 26 April 2019 mendatang. Persiapan yang dilakukan, antara lain simulasi UNBK.

Kepada Palapanews, Kepala Dindikbud Kota Tangsel, Taryono mengatakan bahwa semua simulasi UNBK tingkat SMP/MTs yang sudah dilaksanakan berjalan dengan lancar.

“Setelah melaksanakan simulasi UNBK sebanyak dua kali, semua berjalan dengan lancar. Baik infrastruktur terkait penyediaan komputer, maupun sumber daya listriknya tidak ada masalah,” ucapnya di Balaikota Tangsel, Selasa (19/2/2019).

Meski demikian, dirinya akan tetap berkoordinasi dengan pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) agar pada saat UNBK berlangsung, tidak terjadi pemadaman yang mengakibatkan terganggunnya pelaksaan UNBK di Tangsel.

Kepala Dindikbud Kota Tangsel, Taryono. Foto: Ist

“Tapi kami tetap berkoordinasi dengan PLN, jangan sampai terjadi pemadaman pada saat UNBK berlangsung,” papar Taryono.

Untuk tahun 2019, sebanyak 188 sekolah di Tangsel yang terdiri dari 23 SMP Negeri dan 165 SMP Swasta dengan total peserta 17.699 sudah siap melaksanakan UNBK. Sedangkan untuk MTs terdapat 44 MTs yang terdiri dari 1 MTs Negeri dan 43 Swasta dengan total peserta 3.896.

Dengan total keseluruhan sebanyak 21.595 peserta yang akan mengikuti UNBK, Taryono dengan tegas mengatakan, semua sekolah di Tangsel mampu melaksanakan UNBK secara mandiri.

“Kalau tahun kemarin masih ada yang bergabung dengan sekolah lain. Alhamdulillah saat ini, semua sekolah bisa mandiri melaksanakan UNBK,” ungkapnya.

Dirinya menargetkan, pada saat UNBK yang dilaksanakan 23 April hingga 26 April mendatang hasil rata-rata UN di Tangsel akan mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun lalu.

“Tahun lalu kami mendapat total nilai rata-rata UN 231.60 dari akumulasi nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA menjadikan Tangsel sebagai peringkat pertama rata-rata tertinggi se-Banten. Semoga di tahun ini, prestasi itu bisa kembali terwujud,” harapnya. (adv)

Komentar Anda

comments