DLHK Terus Tambah Jumlah RTH di Kota Depok

Palapanews.com- Jumlah ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Depok, Jawa Barat terus bertambah. Ini seiring dengan pembangunan sejumlah taman yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) setempat.

Kepala DLHK Kota Depok, Etty Suryahati mengatakan selain pembangunan taman, DLHK Kota Depok juga melakukan pemanfaatan ketersediaan arboretum dan penghijauan situ. Upaya ini untuk terus memenuhi target RTH yang dicanangkan.

“Dari tahun 2011 hingga 2014 luas taman di Kota Depok mencapai 36 ribu meter persegi. Jumlahnya meningkat signifikan pada tahun 2018 sebanyak 6.140 meter persegi. Pembangunan taman kelurahan dan taman RW jadi penyumbang terbesar,” kata Etty -sapaan Etty Suryahati.

Dikatakannya, tambahan tersebut belum termasuk jumlah aset pengembang yang diserahkan ke Pemkot Depok. Jika dikalkulasikan, lanjut Etty, sampai akhir tahun 2018, keseluruhan taman yang terbangun mencapai 245.063 meter persegi.

“Jumlahnya setiap tahun bertambah seiring dengan pertumbuhan penduduk Kota Depok yang kini mencapai 2,1 juta jiwa. Sampai saat ini, pembangunan taman masih terus dilakukan sampai seluruh kelurahan memiliki taman,” katanya.

Adapun beberapa pembangunan taman yang telah berjalan dan sudah dimanfaatkan warga, jelas Etty, antara lain Taman RT 01 RW 12 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis seluas 1.655 meter persegi, Taman RW 12 Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas seluas 1.350 meter persegi, dan Taman Kompleks Graha Cinere RT 02 RW 08 Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo seluas 1.711 meter persegi. (hms/red)

Komentar Anda

comments