DPMP3KAB Tangsel Bina Organisasi Perempuan

oleh -
DPMP3AKB Tangsel gelar pemberdayaan organisasi perempuan. Foto: Nad

Palapanews.com- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar pembinaan organisasi peremuan di Serpong, Jumat (15/2/2019). Sebanyak 39 dari 90 organisasi perempuan hadir pada kegiatan itu.

Kasi Kualitas Hidup Perempuan pada DPMP3AKB Kota Tangsel, Mercy Apriyanti mengatakan saat ini sudah terdaftar 39 organisasi perempuan. Ia mengaku, masih banyak organisasi perempuan di Tangsel yang belum masuk dalam daftarnya.

“Dari 39 organisasi ini perlu penguatan kelembagaan. Untuk itu kita berikan pembinaan bagaimana menjadi organisasi bermartabat, serta bagaimana satu organisasi membina anggotanya. Karena organsisasi harus punya tujuan, jangan ingin melakukan kegiatan tapi tidak fokus. Sebaiknya oraganisasi punya tujuan khusus,” tandasnya.

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tangsel, Fathiyah mengatakan pada pembinaan tersebut menyungguhkan banyak pemateri yang semuanya saling melengkapi. Harapannya, GOW Tangsel kedepan lebih berkembang dan mampu memberikan pengetahun di masyarakat.

“Seperti soal GOW dalam menyongsong masa depan, GOW yang bermartabat di mata keluarga dan masyarakat, serta pembinaan kapasitas organisasi yang berbudaya dan meningkatkan kapasitas,” katanya.

Ia mengaku, misi GOW ada tiga. Antara lain pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), mendorong serta meningkatkan pengurus GOW, termasuk upaya untuk mengajak peran perempuan dalam menduduki lembaga eksekutif dan legislatif.

Dewan Kehormatan, Kaukus Perempuan Politik Indonesia, Ratu Dian Hatifah mengatakan perempuan pada umumnya harus memiliki kecerdasan politik, kecerdasan sosial dan psikologis. Dari kecerdasan tiga itu perempuan mampu memetakan atau menstrategikan usulan program yang bisa disinergikan dengan organisasi yang terhimpun di dalamnya.

“Dalam sebuah organisasi itu ada keinginan, kemauan dan hobi dan kemampuan orang berbeda-beda. Selain itu organisasi ini untuk memperkuat jejaring agar kehadiran sumber daya perempuan ini teratasi dengan baik misalnya dengan cara apa yang diinginkan mayarakat, diinginkan oleh pemerintah, dan pengurus. Tentu ini menjadi satu kekuatan yang disinergikan dengan keadaan kekinian,” bebernya.

Diketahui, kegiatan ini diikuti 39 organisasi wanita. Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala DPMP3AKB Tangsel Khairati, Kasi Kualitas Hidup Perempuan pada DPMP3AKB Tangsel Mercy Apriyanti dan ketua GOW Tangsel, Fathiyah serta para perwakilan dari 39 organisasi wanita se Tangsel. (nad)

Komentar Anda

comments