Mengobati Panas Dalam Dengan Obat Alami

oleh -

Palapanews.com- Kondisi panas dalam sering digambarkan dengan kondisi tenggorokan panas, sakit untuk menelan, sariawan, bibir kering, dan susah buang air besar. Kebanyakan orang langsung minum minuman penyegar untuk mengatasi kondisi tersebut. Namun, tahukah Anda, sakit panas dalam itu tidak boleh diabaikan? Ada obat panas dalam tersendiri sesuai gejala penyakit. Mari simak obat panas dalam apa saja yang bisa dicoba.

Ketahui dulu apa itu panas dalam

Kondisi panas dalam yang sering Anda rasakan sebetulnya tidak ada dalam dunia medis. Menurut dr. T Bahdar Johan, Sp.PD, yang dikutip Hellosehat dari Liputan6, ia mengatakan bahwa, panas dalam sebenarnya bukanlah sebuah penyakit. Panas dalam itu sendiri berupa gejala penyakit yang menyerang bagian mulut, tenggorokan dan sistem pencernaan.

Kata “panas dalam” awalnya muncul karena pengobatan tradisional Tiongkok. Di mana para tabib Tiongkok zaman dahulu percaya akan adanya keseimbangan Yin dan Yang, termasuk dalam tubuh manusia itu sendiri.

Nah, saat panas dalam tubuh berlebih atau tidak seimbang, para tabib percaya bahwa akan ada efek seperti tenggorokan sakit, tubuh lemas, sariawan dan sistem pencernaan bermasalah. Maka dari itu, tabib sering mengobati dengan minuman segar yang bisa memadamkan panas dalam tubuh.

Padahal sebetulnya panas dalam yang Anda rasakan adalah sebuah gejala kondisi penyakit. Contoh adanya sakit tenggorokan, itu bisa menandakan bahwa ada peradangan di dalam tubuh atau bisa karena amandel. Bibir pecah-pecah dan sariawan bisa jadi akibat Anda kurang minum air atau dehidrasi. Sedangkan pencernaan yang bermasalah bisa jadi karena Anda kurang makan makanan berserat dan vitamin. Jadi, apabila Anda merasakan gejala panas dalam, lebih baik ke dokter untuk diperiksa apa penyakitnya, ya.

Obat panas dalam alami

Anda harus ke dokter apabila terkena panas dalam. Namun, Anda bisa melakukan penanganan sementara akibat rasa tidak nyaman dari panas dalam. Berikut obat panas dalam alami sementara yang bisa digunakan sesuai dengan gejala yang Anda rasakan:

1. Kumur air garam

Apabila Anda mengalami ciri-ciri panas dalam seperti sakit tenggorokan dan sariawan, coba kumur air garam. Air garam bisa jadi obat panas dalam yang membantu meredakan sakit tenggorokan dan sariawan.

Caranya, siapkan segelas air putih hangat dan campurkan 1,5 sendok teh garam. Kumur di tenggorokan selama 10-15 detik. Lalu untuk sariawan, kumur di sekitar mulut selama 15 detik lalu buang kumur air. Ulangi 1-3 kali dalam sehari untuk meredakan rasa sakit sariawan dan tenggorokan.

2. Ramuan air jahe, madu dan lemon

Obat panas dalam yang satu ini membutuhkan satu sendok teh masing-masing bubuk jahe dan madu, 1⁄2 gelas air panas, dan 1⁄2 sari lemon yang diperas. Seduh bubuk jahe dengan air hangat, tambahkan jus lemon dan madu, lalu kumur. Madu dan jahe dapat melegakan rasa sakit di tenggorokan karena punya kandungan antibakteri yang ringan.

3. Makan sayur dan buah

Obat panas dalam untuk gejala sembelit yang satu ini mudah saja didapatkan. Anda disarankan untuk makan sayuran dan buah berserat. Umumnya sembelit disebabkan karena tubuh kekurangan serat. Serat dibutuhkan usus dan sistem pencernaan lainnya untuk dapat memproses makanan yang Anda makan.

Disarankan untuk makan sayur dan buah dengan warna cerah. Contohnya seperti wortel, terong, buah pepaya, dan jeruk. Sayuran dan buah tersebut mengandung cukup serat untuk membantu melancarkan pencernaan yang sembelit.

4. Banyak minum air putih

Minum air putih yang banyak bisa menjadi obat panas dalam dengan gejala seperti bibir pecah-pecah dan tenggorokan kering. Maka dari itu, pastikan tubuh Anda minum minimal 8 gelas air dalam sehari yang juga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang.

5. Madu

Madu bisa menjadi obat panas dalam dengan gejala sakit tenggorokan. Disarankan untuk minum madu murni, bukan madu kemasan. Madu kemasan umumnya mengandung gula tambahan yang bisa bikin tenggorokan Anda makin sakit.

Anda juga bisa minum madu dicampur dengan segelas air hangat atau teh. Selain itu untuk masalah bibir kering pecah-pecah, cukup oleskan madu setiap mau tidur. Madu bisa melembapkan dan menghaluskan bibir Anda. (hs)

Komentar Anda

comments