Begini Detail Desain RDE PLTN di Serpong

oleh -

Palapanews.com- Rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) yang digagas Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yakni Reaktor Daya Eksperimental (RDE) mempunyai kapasitas 10MWt atau setara dengan 3MWe.

Nantinya RDE akan dijadikan sebagai bukti nyata kepada masyarakat, bahwa bangsa Indonesia telah mampu merencanakan, membangun dan mengoperasikan reaktor daya dengan aman dan selamat.

Menurut salah seorang peneliti asal Batan, Topan Setiadiputra desain RDE akan memiliki ukuran tinggi 2 m, dengan diameter 180 cm. Sedangkan jika dilihat dari luar yakni berukuran 4×12 meter.

“Kalo nanti jadi, ada 2 tangki besar berjejer untuk dipasang di turbin. Kemudian akan ada bahan bakar nuklir untuk menghasilkan dihasilkan energi 10MWt yang reaksinya bisa dilihat dari teras,” ujarnya dalam penyampaian dokumen DED RDE tahap dua dari Pusat Teknologi Keselamatan Reaktor Nuklir (PTKRN) kepada Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Senin (29/1/2019).

Untuk tahapan-tahapan panjang tersebut, katanya telah aman dan lolos uji 3S yakni, Safety, Security dan Save guard dari Bapeten dengan pengetahuan dan pengalaman yang pihaknya miliki.

Sementara Deputi Bidang Teknologi Energi Nuklir, Suryantoro desain RDE tetap dilanjutkan hingga tahap verifikasi dan validasi bahkan sertifikasi untuk meningkatkan capacity building SDM serta terwujudnya desain PLTN pertama di Indonesia.

“PLTN ini merupakan cita-cita besar hasil anak bangsa berkapasitas 150MWt atau 3MWe atau bisa menghasilkan listrik ke 2000 rumah. Sebagai energi terbarukan yang dapat memenuhi kebutuhan listrik dan energi-energi lainnya, direncanakan akan beroperasi pada tahun 2024,” paparnya. (nad)

Komentar Anda

comments