Ini Perawatan Rumahan Bagi Penderita Ambeien

oleh -

Palapanews.com- Wasir atau ambeien biasanya membuat Anda sulit untuk duduk nyaman. Ambeien terjadi ketika pembuluh darah di anus dan rektum bagian bawah bengkak. Duduk terlalu lama atau mengejan terlalu keras bisa membuat ambeien mengalami perdarahan.

Selain pengobatan dari dokter, perawatan rumahan juga bisa membantu meredakan gejala ambeien. Beberapa cara yang bisa dilakukan seperti dikutip dari Hellosehat, di antaranya:

Berendam sitz

Berendam sitz (sitz bath) dilakukan dengan merendam area kelamin dan bokong ke dalam air hangat. Cara ini dilakukan untuk mengurangi nyeri akibat ambeien yang meradang. Sitz bath juga membantu mengurangi iritasi akibat ambeien yang berdarah. Lakukan cara ini sebanyak tiga kali sehari masing-masing selama 10 hingga 15 menit.

Kompres dingin

Untuk meringankan rasa nyeri akibat ambeien yang pecah dan berdarah, cobalah untuk mengompresnya dengan air dingin. Anda juga bisa membungkus beberapa buah es batu dengan handuk dan duduk di atasnya.

Cara mengobati ambeien berdarah ini bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan menenangkan area yang mengalami luka. Anda bisa berdiam diri dan duduk di atas es batu yang dibungkus handuk selama kurang lebih 20 menit.

Oleskan krim khusus ambeien

Anda juga bisa mengoleskan krim ambeien yang dijual bebas di pasaran untuk wasir eksternal (di luar rektum). Sementara untuk wasir internal, gunakan supositoria yang mengandung hidrokortison untuk membantu meredakan peradangan.

Konsumsi makanan berserat

Meningkatkan konsumsi buah dan sayur dapat mengurangi gejala ambeien Anda. Pasalnya, buang air besar Anda menjadi lancar dan feses Anda lebih lunak sehingga Anda tidak perlu sakit mengejan untuk mengeluarkannya. (hs)

Komentar Anda

comments