Pantau Pemberian Vitamin A, Tangsel Mulai Pakai Aplikasi PMKDR

Palapanews.com- Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai menggunakan aplikasi Penilaian Mandiri Kualitas Data Rutin (PMKDR) untuk memantau pemberian vitamin A. Penggunaan aplikasi PMKDR di Tangsel ini menjadi yang pertama di Provinsi Banten.

Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel, Iin Sofiawati mengatakan aplikasi PMKDR merupakan program dari Kementerian Kesehatan yang pertama diaplikasikan di Kota Tangsel, dalam rangka peningkatan kinerja pembuatan laporan pemberian vitamin A.

“Aplikasi ini bagus dan memudahkan dalam pemantauan pemberian vitamin A, apakah sesuai dan tepat sasaran. Terlebih, dalam pemberian vitamin A suka ada kesenjangan antara yang dilaporkan Puskesmas dan Pusyandu ke Dinas Kesehatan,” katanya dalam pembinaan tentang Aplikasi PMKDR di Telaga Seafood, Serpong, Selasa (22/1/2018).

Maka itu, pihaknya mengundang narasumber dari Kemenkes untuk memberikan pemaparan terkait aplikasi yang akan digunakan oleh para petugas kesehatan terkait.

Iin pun memaparkan tujuan digunakannya aplikasi PMKDR adalah untuk menilai akurasi dan validitas pencatatan dan pelaporan tentang pemberian vitamin A. Selain itu menilai kulitas managemen pemanfaatan data untuk vitamin A, evaluasi rutin di tiap Puskesmas agar laporan dan pencatatan lebih akurat.

“Untuk pemberian vitamin A, seharusnya dilakukan bersama-sama di Posyandu usai ditimbang. Namun tidak menutup kemungkinan bagi kami untuk mendatangi anak dan memberikan vitamin A dirumah,” ungkapnya.

Diketahui, sasaran vitamin A berwarna biru adalah anak dengan rentang usia 6 sampai 11 bulan. Sedangkan vitamin A berwarna merah untuk anak berusia 12 sampai 60 bulan dengan pemberian serempak di seluruh Indonesia di bulan Agustus dan Februari atau 6 bulan sekali.

Sebagai informasi, kegiatan ini dihadiri 58 petugas kesehatan yang terdiri dari 29 petugas Gizi Puskesmas dan 29 petugas Promo Kesehatan (Proskes) di Kota Tangsel. (nad)

Komentar Anda

comments