Bahaya, Waspadai Gejala Gaming Disorder

oleh -

Palapanews.com- Perkembangan dunia digital yang sangat pesat mengubah ragam pola pikir dan gaya hidup manusia. Mulai dari hal kecil seperti mencari informasi hingga menjadi tempat untuk berbisnis. Semua dapat dilakukan melalui sebuah perangkat digital.

Teknologi permainan digital merupakan salah satu yang patut dikhawatirkan. Pasalnya tidak sedikit generasi muda yang masuk dalma kategori kecanduan permainan games digital. Dampaknya sangat berpengaruh bagi perkembangan mental.

“Lebih dari 10 jam bermain games digital sudah dapat disebut kecanduan. Ini fenomena yang berbahaya dan marak dikalangan generasi muda,” kata Psikolog UMB, Tika Bisono, dalam acara Campus Talk bertema Games Digital dan Dampaknya di SMK Media Informatika, Jakarta, Kamis (17/1/2019) lalu.

Tentu saja, lanjut Tika Bisono dampak kecanduan games digital akan berpengaruh secara psikologis. Mulai dari hilangnya kemampuan konsentrasi, sulit mengendalikan emosi, tidak mampu berinterkasi sosial sampai pada dampak yang lebih serius.

Sementara Paktisi Games Development, Ivan Sanjaya mengatakan perkembangan games dimasa mendatang memang semakin menarik. Namun perlu diarahkan pada upaya menciptakan games yang bermanfaat. Tidak sebatas menjadi hiburan dan menimbulkan dampak psikologi lain.

“Games bisa pula menjadi sarana edukasi. Makanya kita ingin pembuat games mengarah pada tujuan itu,” pungkasnya.

Diskusi Campus Talk X ini mendapat antusias dari peserta. Hal itu terlihat dari banyaknya peserta yang melontarkan pertanyaan kepada pembicara. Bahkan peserta pun berkomitmen menciptakan games digital yang berorientasi pendidikan. (rls/nad)

Komentar Anda

comments