Rekredensial, 3 RS di Tangsel Stop Layani Pasien BPJS

oleh -359 views

Palapanews.com- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Tangerang Selatan (Tangsel), Deden Deni menjelaskan tiga rumah sakit yang dikabarkan berhenti melayani pasien BPJS karena sedang dalam rekredensial.

Rekredensial merupakan semacam evaluasi terhadap sertifikasi yang sudah diberikan dalam hal kelayakan rumah sakit untuk melayani pasien BPJS.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ketiga rumah sakit di Tangsel itu adalah rumah sakit Vitalaya, Bunda Dalima dan Aria Sentra Medika.

“Sebelum MoU dengan BPJS, BPJS rekredensial dulu, harus ada beberapa syarat yg harus dipenuhi, izin operasional, SDM jumlah minimalnya, izin operasional, izin SIP, perawat dan dokter,” kata Deden saat dihubungi, Kamis (10/1/2019).

Namun, jika hasil rekredensial itu sudah selesai dan dinyatakan layak, rumah sakit tersebut akan kembali melayani pasien BPJS.

Kabar tentang pemberhentian pelayanan terhadap pengguna BPJS sempat membuat geger warga. Terlebih Tangsel belum lama mendapat predikat Universal Health Coverage (UHC), dengan 99 persen mengover biaya BPJS bagi warganya.

Predikat UHC seharusnya membuat pemerintah kota (Pemkot) memperbanyak rumah sakit swasta yang bekerja sama dengan BPJS.

Sementara Kepala BPJS Tangsel, Jenal M. Sambas meminta maaf karena tidak dapat memberikan info terkait hal tersebut.

“Kami sudah diamanatkan dari humas BPJS Pusat, beritanya satu pintu dari humas. Humas yang langsung berhubungan dengan Kemenkes untuk perkembangan kebijakannya. Dan agar beritanya tidak simpang siur,” jelasnya. (nad)

Komentar Anda

comments