4 Cara Cegah Tipes saat Musim Hujan

oleh -279 views
Mencegah tipes saat musim hujan. Foto: Hellosehat

Palapanews.com- Musim hujan sering disebut sebagai musim pemicu penyakit. Flu, pilek, dan demam biasanya menjadi penyakit yang paling banyak menyerang saat hujan. Tak cuma itu, Anda juga perlu mewaspadai serangan penyakit tipes atau demam tifoid. Karena penyakit ini bisa mengakibatkan berbagai komplikasi berbahaya, yuk cari tahu cara mencegah tipes.

Apa penyebab penyakit tipes?

Tipes atau demam tifoid, dikutip dari Hellosehat.com, adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi. Bakteri ini biasanya menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Bisa juga bakteri Salmonella thyphi menyebar melalui feses dan kadang-kadang melalui urine orang yang terinfeksi. Anda dapat terinfeksi jika Anda makan makanan yang dipegang oleh seseorang terinfeksi yang belum cuci tangan setelah ke toilet. Selain itu, tinggal di permukiman kumuh dengan sanitasi yang buruk juga memicu penyakit yang satu ini.

Tipes sangat menular dan bisa menyebar ke seluruh tubuh. Maka dari itu, penanganan yang tepat dan segera sangat dibutuhkan agar seseorang tidak mengalami komplikasi serius yang berakibat fatal. Anak-anak biasanya lebih sering terserang penyakit yang satu ini karena sistem kekebalan tubuhnya masih lemah.

Tips mencegah tipes di musim hujan

Musim hujan biasanya menjadi masa di mana kuman penyebab penyakit semakin aktif berkembang biak. Udara dan tempat yang lembaplah yang menjadi penyebab mengapa kuman senang sekali berkembang biak, termasuk bakteri penyebab tipes. Untuk mencegah tipes, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Imunisasi

Vaksin termasuk salah satu cara untuk mencegah tipes di musim hujan. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, vaksin tifoid sebaiknya diberikan untuk anak di atas usia dua tahun. Vaksin ini juga membutuhkan perulangan setiap tiga tahun sekali. Untuk orang dewasa, Anda juga bisa mengonsultasikannya ke dokter sebelum melakukan vaksin tifoid.

2. Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan diri dan tempat tinggal adalah hal wajib yang perlu Anda lakukan baik saat musim hujan maupun kemarau. Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum makan. Pasalnya, infeksi bakteri Salmonella typhi bisa datang dari mana saja, termasuk tangan.

Selain itu, cucilah kaki sebelum Anda masuk ke dalam rumah sehabis bepergian. Pasalnya saat hujan jalanan cenderung becek dan banyak genangan. Jangan sampai Anda membiarkan kaki yang kotor dan penuh kuman untuk masuk ke dalam rumah.

3. Jangan jajan sembarangan

Tipes menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Oleh karena itu, jangan pernah jajan sembarangan. Meski di musim hujan gorengan pinggir jalan yang hangat terasa nikmat, jangan asal jajan. Jika gorengan tidak ditutup oleh apa pun dan dibiarkan terbuka begitu saja, sebaiknya jangan dibeli.

Makanan yang dibiarkan terbuka berisiko dihinggapi lalat. Lalat merupakan salah satu hewan yang hobi tinggal di tempat yang kotor. Lalat bisa saja membawa bakteri penyebab tipes dari kotoran dan urine orang yang telah terinfeksi. Jika lalat ini hinggap di makanan yang Anda beli, maka bukan tidak mungkin setelahnya Anda akan mengalami tipes.

Selain itu, usahakan untuk tidak menambahkan es batu balok pada minuman yang Anda beli. Es batu balok tidak terjamin kebersihannya. Ada kemungkinan es yang diproduksi dalam jumlah besar ini menggunakan air yang kurang bersih atau bahkan terkontaminasi kuman penyebab penyakit.

4. Jaga daya tahan tubuh

Penyakit akan sangat mudah menginfeksi orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Apalagi di musim hujan, sistem kekebalan tubuh mudah sekali menurun. Jagalah daya tahan tubuh Anda tetap kuat dengan cukup tidur, banyak makan buah serta sayur terutama yang mengandung vitamin C, dan cukup kena sinar matahari. (red)

Komentar Anda

comments