DLH Kota Tangerang Sukses Bawa 10 Sekolah Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

oleh -
10 sekolah di Kota Tangerang raih penghargaan Adiwiyata. Foto: Ist

Palapanews.com- Menjelang penutupan tahun 2018, Kota Tangerang berhasil memberikan prestasi terbaik yakni penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Prestasi tersebut diberikan kepada sembilan sekolah yang berhasil menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2018, dan satu sekolah menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri 2018.

Prestasi ini merupakan salah bentuk target dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang agar seluruh sekolah di Kota Tangerang menerapkan kepedulian lingkungan termasuk dalam pembelajaran.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Eny Nuraeny.

Menurut Eny Nuraeny, untuk tahun 2018 ini, ada sembilan sekolah yang menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri yakni SDN CIkokol 2, SDN Petir 3, SDN Pinang 3, SDNPondok Makmur, SDN Sukasari 5, SDN Tangerang 4, SDN Tangerang 14, SDN Batuceper 1, SDN Gondrong 7, dan SMPN 1 Kota Tangerang (Adiwiyata Mandiri).

“Sekolah tersebut berhasil meraih penghargaan karena telah mengikuti seleksi ditingkat Kota Tangerang, Provinsi Banten, dan Nasional,” kata Eny Nuraeny seraya menambahkan, untuk seleksi tingkat nasional langsung diuji dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dikatakan Eny, program Adiwiyata merupakan salah satu komitmen dalam meningkatkan perilaku hidup bersih, sehat dan nyaman di sekolah, serta didukung oleh kesadaran dalam pelestarian lingkungan yang diikuti oleh siswa, orangtua dan guru.

“Masing-masing sekolah Adiwiyata memiliki point yang sangat penting yakni adanya kurikulim berbasis lingkungan, adanya partisipasi, sarana dan prasarana di sekolah, dan inovasi. Dengan adanya point tersebut, maka akan mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran tentang pelestarian lingkungan hidup,” pungkasnya.

Demi menciptakan sekolah Adiwiyata, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang akan terus melakukan sosialisasi dan pembinaan tentang pentingnya menjaga pola hidup bersih dan sehat di sekolah.

“Kami akan melakukan roadshow ditiap sekolah, sehingga pola hidup bersih dan sehat akan tercipta. Untuk 2019 akan ada 125 sekolah untuk mengikuti seleksi Adiwiyata tingkat Kota Tangerang,” paparnya.

Sekolah Adiwiyata adalah Sekolah peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita. (adv)

Komentar Anda

comments