5 Olahraga Ini Ampuh Kurangi Stres

oleh -196 views
Jalan sehat, salah satu olahraga ampuh cegah stres.

Palapanews.com- Stres bisa memengaruhi kesehatan Anda dari kaki hingga ujung rambut. Hampir 77 persen orang yang mengalami stres merasakan sakit kepala, insomnia, cemas, berat badan naik, nyeri otot, gangguan pencernaan, dan sulit konsenstrasi.

Menyingkirkan stres tanpa menyelesaikan akar permasalahannya memang sulit. Namun, mempelajari bagaimana Anda menghadapi stres adalah cara terbaik untuk menekan beberapa gejala stres. Salah satu caranya dengan aktivitas fisik, seperti olahraga.

“Saat Anda melakukan aktivitas fisik, tubuh Anda memproduksi hormon endorfin. Hormon ini bekerja untuk melawan stres. Jadi, olahraga dapat membebaskan pikiran Anda dari berbagai masalah,” ujar Frank Lupin, MS, pelatih atlet berlisensi di Coordinated Health, seperti dilansir Hellosehat.com dari Everyday Health.

Selain itu, gerakan badan juga membuat otot tubuh aktif bekerja sehingga melancarkan peredaran darah. Ditambah dengan latihan pernapasan yang dilakukan sebelum atau sesudah olahraga, aktivitas fisik ini merangsang tubuh agar lebih rileks.

Berbagai jenis olahraga yang ampuh mengurangi stres

Berikut ada beberapa olahraga yang dapat meningkatkan stamina sekaligus mengusir stres dari pikiran Anda, antara lain:

Jalan santai atau jalan cepat

Berjalan adalah olahraga paling mudah dilakukan. Sangat cocok untuk dilakukan oleh Anda bagi yang baru memulai aktivitas sehat ini sebagai kegiatan rutin. Baik itu jalan santai atau jalan cepat, gerakan kaki berulang ini dapat melepaskan ketegangan pada beberapa otot, menenangkan sistem saraf, dan juga melatih pernapasan Anda jadi lebih baik.

Selain itu, jalan santai atau jalan cepat juga bisa memanjakan mata Anda. Anda bisa menikmati rindangnya pohon-pohon di taman yang jarang Anda lihat. Bahkan, bisa jadi waktu menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga, pasangan, atau pun teman.

Untuk memulainya, lakukan aktivitas ini setidaknya 10 menit setiap 2 kali seminggu. Setelah dua atau tiga minggu berikutnya, tingkatkan frekuensi dan durasi olahraga secara bertahap. Disarankan untuk melakukan jalan santai atau jalan cepat selama 30 menit setiap hari untuk mengelola stres.

Menari

Menari meningkatkan kelincahan tubuh ketika bergerak. Itu artinya otot dalam tubuh harus menegang dan melakukan relaksasi. Selain itu, setiap gerakan juga meningkatkan detak jantung.

Manfaat menari yang dapat mengurangi stres adalah tumbuhnya kontak dan hubungan dengan orang lain. Misalnya ketika Anda berusaha menyamakan ritme tarian supaya tetap kompak. Semua itu akan mengalihkan pikiran Anda dari berbagai masalah. Otak akan kembali fresh, dan Anda dapat kembali berpikir jernih.

Yoga

Berbagai postur yoga yang membuat tubuh jadi lebih lentur ternyata mampu mengurangi ketegang otot. Latihan memusatkan pikiran melalui pernapasan dalam dapat memicu respons relaksasi tubuh dan menjadi kunci untuk mengelola stres.

Anda bisa melakukan yoga sendiri di rumah dengan panduan dari video atau mengikuti kelas yoga khusus pemula yang dipandu oleh pelatih yoga. Beberapa kelas yoga yang bisa Anda pilih untuk mengurangi stres antara lain hatha, ashtangam vinyasa, atau bikram.

Tai chi

Tai chi, salah satu bela diri asal Tiongkok ini bukan hanya mengandalkan gerakan tubuh. Konsentrasi juga harus ditingkatkan dalam setiap gerakan. Olahraga ini meningkatkan kelenturan tubuh dan meningkatkan stamina.

Jika olahraga ini dikombinasikan dengan tidur cukup dan tepat waktu, kesehatan jiwa Anda juga akan membaik. Gejala stres yang Anda rasakan juga akan berkurang.

Tenis

Olahraga tenis harus dimainkan berpasangan, sehingga Anda pun membangun ikatan dengan orang lain. Olahraga ini membutuhkan gerak tubuh serta konsentrasi tinggi.

Baca Juga: Ayo Kurangi Konsumsi Garam Sekarang Juga

Setiap Anda mendapatkan poin, perasaan puas dan bangga bisa mengurangi stres yang membebani. Selain itu, olahraga ini juga sehat untuk jantung dan dapat menjaga tekanan darah tetap normal. (red)

Komentar Anda

comments