Ini Tips BPTJ Agar Terhindar Macet Libur Natal & Tahun Baru

oleh -261 views
Kepala BPTJ Bambang Prihartono di Tangerang. Foto: Rik

Palapanews.com- Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengimbau warga untuk mencari jalur alternatif jika ingin berlibur Natal dan Tahun Baru 2019, melintasi Tol Cikampek. Hal itu untuk meminimalisir kemacetan di jalan tol pada pagi hingga sore hari di musim libur.

“Kami minta masyarakat gunakan jalur alternatif bila ingin berlibur dalam musim Natal dan Tahun Baru 2019, terutama yang menuju ke Bandung. Kami telah sarankan untuk lewat ke jalur alternatif seperti Kalimalang, Bekasi,” ujar Kepala BPTJ, Bambang Prihantoro di Tangerang, Jumat (7/12/2018).

Bambang mengatakan, penggunaan jalur alternatif terutama di jalur Kalimalang, disarankan pada pukul 21.00-05.00 WIB, untuk dilewati. Menurutnya, kondisi itu tak memiliki kepadatan yang signifikan atau lowong.

“Lewat jalur alternatif jangan pagi atau sore, pasti padat. Lebih baik, malam pukul 21.00 WIB hingga pagi pukul 05.00 WIB,” katanya.

Bambang menjelaskan, tidak ada penerapan sistem ganjil genap selama menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2019, di Tol Jakarta Cikampek.

“Pas liburan enggak. Hanya berlaku untuk jam kerja. Kalau libur nasional, Natal dan Tahun Baru, itu tidak berlaku,” ucap Bambang.

Hingga kini, Bambang menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak pengelola bus antar provinsi untuk penyediaan armada bila terjadi lonjakan penumpang saat Natal dan Tahun Baru 2019.

“Kita akan koordinasi tentunya seperti yang sudah-sudah, jadi tidak akan ada kekurangan armada pada Natal dan Tahun Baru. Untuk sistem penyediaannya akan disediakan bila dibutuhkan, jadi akan ada tim yang cek di lokasi terminal, bila kurang langsung berkoordinasi dan disediakan,” jelasnya. (rik)

Komentar Anda

comments