DPT Pemilu 2019 di Tangsel Bertambah 113.382 Pemilih

Palapanews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel kembali melakukan pleno terhadap pemilih tetap, dan kali ini yang diplenokan ialah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) kedua.

Dari hasil pleno tersebut, disebutkan DPT sebelumnya yang berjumlah 839.464 pemilih, setelah dilakukan kembali perbaikan menjadi 952.846. Sehingga ada penambahan pemilih sebanyak 113.382 pemilih pada DPTHP tahap dua ini.

Tidak hanya sekedar adanya penambahan jumlah pemilih saja dalam pleno tersebut Tapi juga ada penambahan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), dimana sebelumnya berjumlah 3.781 TPS menjadi 3.819 TPS.

Pleno yang digelar di Kantor KPU Kota Tangsel juga disaksikan langusng oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat, dan juga perwakilan dari seluruh partai politik.

Anggota KPU Kota Tangsel, Ajat Sudrajat, yang juga Divisi Data KPU Kota Tangsel, mengatakan DPTHP saat ini merupakan intruksi langsung dari KPU RI untuk terus melakukan perbaikan data pemilih di Kota Tangsel.

“Juga dalam rangka untuk menyelamatkan hak pilih masyarakat Kota Tangsel yang memang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih pada Pemilu 2019 nanti,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, beberapa faktor mengenai tambahan data. Seperti penduduk Kota Tangsel yang telah pindah alamat, namun domisili di KTP elektroniknya masih di Tangsel. Sebelumnya ini dihapus, kini dimasukan lagi, karena sesuai dengan domisili di KTP elektronik.

“Serta ada juga yang baru memiliki KTP elektronik, sehingga bisa dimasukan ke dalam DPTHP. Jadi seluruh faktor yang memungkin penambahan pemilih ini, akan kami masukan ke dalam DPTHP tahap dua ini,” ungkapnya.

Ajat juga mengatakan, bahwa selain itu, KPU juga berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel, untuk mendata jumlah pemilih pemula yang mendekati usia 17 tahun.

“Nanti akan dilakukan perekaman KTP elektronik kepada pemilih pemula ini, agar segera bisa kita masukan ke dalam DPT. Dan untuk ini kami telah bekerjsama dengan Disdukcapil,” ungkapnya. (nad)

Komentar Anda

comments