Kemen PPPA Raih Penghargaan Ruang Penyelenggaraan ASI Terbaik 2018

oleh
Kemen PPPA meraih penghargaan kategori penyelenggaraan ruang ASI terbaik. Foto: Nad

Palapanews.com- Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) meraih Penghargaan Riset Kementerian Kesehatan, untuk kategori Penyelenggara Ruang ASI Terbaik 2018. Penyerahan penghargaan ini digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Sabtu (10/11/2018).

Penghargaan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-54, sekaligus untuk memperkuat komitmen kementerian/lembaga (K/L) serta elemen masyarakat lainnya untuk meningkatkan produktivitas pekerja perempuan dan memenuhi hak anak, guna mencetak generasi bangsa yang sehat dan berkualitas.

“Penghargaan hari ini menjadi strategi untuk meningkatkan komitmen seluruh lembaga publik, tidak hanya K/L tapi juga dunia usaha, serta tempat pelayanan publik lainnya seperti bandara dan pelabuhan, untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Kami pun terus berupaya menyediakan ruang-ruang pelayanan publik yang responsif gender dan ramah anak,” ungkap Titi Eko Rahayu, Kepala Biro Hukum dan Humas Kemen PPPA.

Penyediaan ruang ASI di tempat kerja sangatlah penting, karena perempuan yang bekerja di sektor formal, rata-rata menghabiskan 8 jam waktunya dalam sehari untuk bekerja. Tentu hal ini mempersulit pekerja perempuan untuk memberi ASI secara langsung kepada anaknya.

Program peningkatan pemberian ASI di tempat kerja bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pekerja perempuan serta mendukung target pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) nomor 3, yakni, penurunan angka kematian anak dan nomor 5 yaitu penurunan angka kematian ibu. Selain penyediaan ruang ASI, pemerintah berupaya dalam pemberian kesempatan waktu pekerja perempuan untuk memerah ASI dan membuat peraturan internal terhadap program ASI eksklusif.

“Penghargaan ini tentu memotivasi kami untuk terus menjadi agen terdepan dalam menyediakan sarana yang ramah bagi perempuan sekaligus memenuhi hak anak, termasuk Ruang Laktasi,” ujar Titi.

Dari total 34 Kementerian yang dinilai, Kemen PPPA bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) terpilih menjadi pemenang penghargaan kategori Penyedia Ruang ASI terbaik, karena dianggap telah memenuhi standar yang ditetapkan sesuai peraturan.

“Kemen PPPA terus berupaya menghadirkan sarana publik yang responsif gender dan ramah anak. Menyediakan ruang publik yang mudah diakses masyarakat terutama perempuan, serta memelihara kebersihan sarana dengan baik dan memberikan rasa nyaman bagi para perempuan pejuang ASI. Sarana publik lainnya juga akan terus kami kembangkan, seperti perpustakaan ramah pengunjung dan anak, ruang tunggu (lobby) yang nyaman dan ramah anak, serta tempat penitipan anak (TPA) yang terus kami tingkatkan kenyamanan dan keramahannya bagi anak,” tutup Titi. (nad)

Komentar Anda

comments