Presentase Kemiskinan di Tangsel Terendah se-Banten

oleh

Palapanews.com- Persentase angka kemiskinan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi yang terendah dibandingkan kota/kabupaten lain di Banten. Bahkan, masuk dalam jajaran persentase kemiskinan terendah nasional.

Berdasarkan laporan badan Pusat Statisik (BPS) tentang data kesejahteraan rakyat Kota Tangsel, persentase penduduk miskin di kota dengan tujuh kecamatan ini sebesar 1,76 persen.

“Ini tetap menjadi PR bersama untuk mengeluarkan kelompok tersebut dari bawah garis kemiskinan,” kata Wakil Walikota, Benyamin Davnie pada Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan di Aula Balaikota Tangsel, Rabu (7/11/2018).

Tim Penanggulangan Kemiskinan yang sudah terbentuk, menurutnya harus berperan untuk mengkoordinir program kegiatan termasuk kepedulian penguatan anggaran yang berkecukupan dan berkualitas dengan melibatkan semua pihak baik pemerintah, dunia usaha, akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat dan Organisasi kemasyarakatan.

“Tim ini juga harus mampu bergerak dan berperan dengan bertumpu pada pemberdayaan dan kemandirian penduduk miskin, sehingga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi perbaikan kondisi sosial, ekonomi, budaya dan peningkatan kesejahteraan penduduk miskin segera terwujud di Kota Tangsel,” bebernya.

Selain soal kemiskinan, Benyamin juga menyoroti soal disparitas atau tingkat kesenjangan yang masih tinggi, serta masalah akses pelayanan kesehatan dan pendidikan yang masih perlu ditingkatkan.

“Melalui Rapat Koordinasi ini diharapkan akan dihasilkan beberapa alternatif solusi yang bisa menjawab persoalan yang dihadapi dalam penanggulangan kemiskinan,” paparnya. (rls/nad)

Komentar Anda

comments