Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi Wilayah Banten Resmi Terbentuk

oleh -

Palapanews.com – Bertempat di Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO) wilayah Banten resmi terbentuk pada, Minggu (4/11/2018). Terpilih sebagai  Ketua APIO Mohamad Abdilah Nuradhi, M.Psi., Psikolog.

APIO adalah organisasi mewadahi praktisi dan akademisi Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) – menangani isu manajemen SDM individu sampai organisasi. Isu SDM penting di Banten sebagai area berbagai industri padat tenaga kerja dimana praktisi dan akademisi psikolog berperan mulai dari seleksi, penempatan, pelatihan dan pengembangan SDM.

Menurut Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Banten, Mulyanto, M.Psi, jumlah praktisi dan akademisi PIO cukup signifikan sehingga sudah waktunya membentuk wadah.

Dalam sessi diskusi bertema “Perkembangan APIO”, narasumber Dr. Ayu Dwi Nindyati, Psikolog sekaligus bendahara APIO Pusat, memberikan uraian tentang sejarah APIO dari masa ke masa, profil anggota APIO saat ini dan peran yang mereka lakukan dan bagaimana peran di masa depan.

Sementara moderator, Gita Soerjoatmodjo, M.A., M.Psi., selaku Psikolog Kepala Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya (PSI UPJ) turut mendorong pembentukan APIO, mengingat PSI UPJ lahir dan dibesarkan oleh dunia industri oleh Kelompok Usaha Pembangunan Jaya.

Diakui terdapat tantangan profesi PIO masa depan antaralain bagaimana profesi SDM diemban oleh mereka yang berkecimpung di bidang psikologi dan non psikologi, kebutuhan akan alat ukur psikologis yang cepat dan tepat juga sesuai kebutuhan organisasi dan mampu memotret generasi milenial.

Kemudian juga adanya desakan sertifikasi kompetensi serta portofolio untuk kebutuhan verifikasi, serta bagaimana APIO dan HIMPSI Banten bisa berperan antaralain untuk lelang jabatan di berbagai posisi di Banten.

Temuan dalam diskusi ini menjadi bahan menyusun program kerja baik APIO Pusat maupun APIO Banten. (rls/bd)

Komentar Anda

comments