Puluhan Murid SD Belajar Pemilu di KPU Tangsel

Palapanews.com- Sebanyak 62 siswa SD Islam Terpadu Ar Ruhama Pondok Aren melakukan simulasi proses Pemilu di Kantor KPU Kota Tangsel, Serpong, Rabu (31/10/2018).

Puluhan anak secara demokratis berbagi peran, mulai menjadi keamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), petugas KPPS, dan juga berperan sebagai pemilih.

Wakil Kepala SD Islam Terpadu Ar Ruhama Pondok Aren, Iswarno mengatakan kegiatan tersebut ada dalam pelajaran PPKN tentang kepemiluan, dimana dengan mengunjungi KPU maka para murid bisa praktek langsung.

“Ada materi dari PPKN dimana salah satunya tentang Pemilu, jadi kita ajak anak-anak kelas VII ke sini untuk praktek langsung dengan teori yang sudah diberikan di sekolah,” ujarnya.

Dengan pembelajaran seperti itu, katanya, maka para murid ke depanya akan lebih paham seperti apa proses pesta demokrasi yang selama ini berlangsung di sekolah.

“Kedepannya anak-anak kita ini kan akan menjadi pemilih pemula, jadi mereka sudah dapat pembekalan ilmu kepemiluan sejak dini. Itu yang kita harapkan dari simulasi ini,” ungkapnya.

Sementara Ketua KPU Kota Tangsel, Bambang Dwitoro mengapresiasi kegiatan itu. Di KPU, kata dia, para murid tidak hanya sekadar melakukan simulasi saja, tetapi juga ada kegiatan nonton film perjalanan demokrasi Indonesia dan beberapa permainan tentang Pemilu.

“Kami sangat senang adanya kunjungan ini. Tentunya kami berharap apa yang didapatkan hari ini bisa mereka praktekan dalam lingkungan sekolah. Misalnya dalam pemilihan ketua kelas,” pungkasnya. (nad)

Komentar Anda

comments