Digusur Tol, Warga Ciputat Dapat Penggantian Masjid

Palapanews.com- Warga Kampung Cilalung, Kelurahan Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan akhirnya dapat penggantian masjid yang tergusur proyek Tol Serpong Cinere. Proses ruislag alias tukar guling akhirnya rampung setelah menunggu 2 tahun.

Diketahui, masjid wakaf warga itu berlokasi di Jalan H Mesir, Kampung Cilalung. Luas awal Masjid At Taqwa awalnya 600 meter persegi. Kemudian mendapat tambahan wakaf 996 meter persegi, menjadi 1.268 meter persegi.

“Alhamdulillah ganti untung, walaupun dengan proses yang lama, seiring pergantian peraturan dan sesuai dengan rekomendasi dari Kementerian Agama,” kata Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI), M. Yamin.

Ia juga berharap pembangunan masjid ini agar menjadi titik tolak lancarnya pembangunan wakaf lainnya. Selain itu, kepada Waskita sebagai pihak yang membangun masjid agar proses berjalan cepat dan memberikan kebarokahan bagi masyarakat.

“Proses peletakkan batu ini adalah satu-satunya lahan wakaf di daerah Jombang dengan anggaran sekitar Rp1 miliar. Semoga dapat selesai dalam waktu 4 bulan,” jelas Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Sercin, Budi Cahyono.

Diketahui ada 11 bidang wakaf di Tol Sercin, diantaranya adalah 7 bangunan masjid, 3 Tempat Pemakaman Umum (TPU) dan 1 relokasi gereja dengan target selesai pada Desember 2018.

Sementara itu, Asisten Daerah III Pemkot Tangsel Teddy Meiyadi memaparkan pembayaran wakaf sebagai salah satu elemen jalan tol ini yang melewati masjid atau makam.

“Dan harus diganti dengan lahan yang lokasinya tidak jauh dari titik lahan awal (terdampak). Tugas kita adalah ikut dalam kepanitiaan untuk memfasilitasi program pusat sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan,” bebernya. (nad)

Komentar Anda

comments