Cetak SDM Berkualitas, SDC Banten Kerjasama dengan Malaysia

oleh
SDC Banten bekerjasama dengan Malaysia kembangkan SDM berkualitas. Foto: Ist

Palapanews.com- Skill Development Centre (SDC) Provinsi Banten melakukan kerjasama atau Momerandum of Understanding (MoU) dengan industri pariwisata Malaysia, Jumat (19/10/2018). Ini dilakukan untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas berdaya saing unggul di level ASEAN.

SDC yang merupakan sebuah forum diinisiasi oleh Bappenas RI yang disinergikan dengan 3 kementerian yaitu Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memfasilitasi MoU ini.

Direktur Eksekutif SDC Banten, Muhammad Khozin menjelaskan bahwa MoU ini ditujukan untuk siswa SMK jurusan Bisnis Manajemen dan Pariwisata yang ada di Banten sebanyak 25 sekolah.

“MoU ini tentang peningkatan daya saing SDM Indonesia di level ASEAN untuk sektor Industri Pariwisata. Jadi dengan MoU ini nantinya anak-anak muda kita bisa berkesempatan kuliah vokasi di Malaysia. Di akhir kuliah mereka dapat ijazah dari kampus Malaysia yang diakui ASEAN. Nantinya selama kuliah anak-anak kita praktek di industri dan akan diakomodir,” katanya dalam siaran pers yang diterima Palapanews.

Sesuai MoU ini yang sudah ditandatangani, akan berjalan selama 3 sampai 5 tahun kedepan.

“Alhamdulillah tahun ini sudah bisa berjalan. Di tahun ini kita akan fasilitasi 100 alumni dan tahun depan akan ada quota sebanyak 400,” ucapnya.

Lanjutnya, Khozin juga menuturkan alasannya memilih Malaysia dalam kerjasama di bidang industri pariwisata.

“Alhamdulillah tahun ini sudah bisa berjalan. Kenapa Malaysia, secara budaya bagi anak-anak Banten lebih tidak ada kendala, karena hampir sama. Dan secara kompetensi, pariwisata Malaysia lebih berpotensi untuk kembangkan kapasitas anak-anak muda kita,” jelas Khozin.

Dari 25 SMK Swasta dan Negeri se Banten, ada beberapa SMK di Tangsel yang ikut melakukan MoU ini seperti SMKN 1, SMKN 2, SMKN 7, SMK Iptek, SMK Pustek, SMK Islamiyyah, SMK Nusantara dan SMK Pariwisata Puspa Wisata. (nad)

Komentar Anda

comments