Ratusan Murid SD di Pamulang Diperiksa Kesehatan

oleh
Murid SDN di Pamulang jalani pemeriksaan kesehatan. Foto: Nad

Palapanews.com- UPT Puskesmas Bambu Apus, Kota Tangerang Selatan tengah melakukan penjaringan kesehatan. Kegiatan ini dilakukan untuk mendeteksi dini pelajar yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Menurut Dera, salah seorang Bidan UPT Puskesmas Bambu Apus, pemeriksaan yang dilakukan untuk para siswa baru ini seharusnya meliputi pemeriksaan kebersihan perorangan mulai dari mata, telinga, mulut, gigi dan kulit.

“Penjaringan hanya dilakukan untuk siswa baru, yakni murid kelas satu sebagai deteksi dini masalah kesehatan,” ujarnya saat melakukan penjaringan di SDN Bambu Apus 2, Pamulang, Rabu (10/10/2018).

Karena sedang Ujian Tengah Semester, pemeriksaan hanya dilakukan seputar area tubuh yang mudah dijangkau, seperti mulut dan telinga. Sedangkan untuk hasil pemeriksaan dokter serta petugas kesehatan dimasukan kedalam formulir penjaringan kesehatan peserta didik yang telah tersedia.

“Hari ini kita lakukan dua program sekaligus. Yaitu, program penjaringan kesehatan kepada siswa kelas 1 dan juga pemberian obat cacing kepada siswa kelas 1 hingga kelas 6 SD di satu Taman Kanak-kanak dan dua SD yang ada di wilayah Kelurahan Bambu Apus,” paparnya.

Sementara Kepala SDN Bambu Apus 2, Ube Zubaedah turut mendukung program dari Dinas Kesehatan ini. Menurutnya, dua program yang seiringan ini sebagai penunjang kesehatan bagi kelancaran belajar siswa.

“Jika siswa-siswa sehat, secara otomatis akan lancar dan menyenangkan dalam mengikuti kegiatan belajar,” pungkasnya. (nad)

Komentar Anda

comments