Tim Jokowi-Ma’ruf Amin Banten Garap Pemilih Akar Rumput

Palapanews.com- Tim pendukung pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Banten bakal fokus menggarap akar rumput. Hal ini dinilai lebih efektif dibandingkan hanya sebatas melakukan deklarasi-deklarasi dukungan.

Kordinator Banten Bersatu Menangkan Nomor 01, Muhammad Fedullah mengatakan timnya sedang bergerak menghimpun dan mengaktifkan kembali relawan-relawan pemenangan terlatih di tiap tingkatan seperti tingkat kabupaten kota, tingkat kecamatan, tingkat desa kelurahan bahkan sampai ke tingkat TPS untuk fokus bekerja di wilayahnya masing-masing dan berbasis area TPS.

“Kami sedang konsolidasi dan reaktivasi jaringan pemenangan sampai ke level TPS. Prinsipnya di semua TPS di Banten kita punya orang. Mereka akan melakukan kerja pemenangan di lokasi TPS masing-masing. Kami fokus di wilayah barat Banten,” ujarnya kepada wartawan sesaat setelah melakukan pertemuan dengan tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf Provinsi Banten di Serang, Rabu (26/9/2018).

Di tempat yang sama, Koordinator Tim Bersatu Majukan Indonesia Provinsi Banten, Budiana menyampaikan timnya melakukan hal yang sama di wilayah Banten timur khususnya di Tangerang Raya.

“Kami fokus bekerja di level akar rumput. Selain kampanye akan sampai ke tangan para pemilih yang punya hand phone, kampanye kami juga akan masuk ke rumah-rimah pemilih. Door to door campaign berbasis TPS sedang dikerjakan. Kita terus garap itu selama masa kampanye sampai pencoblosan nanti. Pemilih akan kita edukasi agar mengedepankan pendekatan rasional dalam memilih. Mereka akan kita beri tahu mana saja program Jokowi yang berhasil dan tentu harus diteruskan, mana juga program yang masih dikerjakan sehingga benar-benar harus dilanjutkan,” urainya.

Terpisah, peneliti Lembaga Survei Politik Indonesia (LPSI), Eko Suprijadi menilai maraknya atribut luar ruang yang dipasang pendukung pasangan calon Presiden dan beragam deklarasi dapat dipastikan mereka tak melakukan kerja pemenangan di akar rumput.

“Yang dimaksud akar rumput adalah TPS. Kalau garap di udara terus, sibuk deklarasi dan main besar-besaran reklame, dijamin TPS akan kebobolan,” ujarnya.

Eko Suprijadi menyatakan, saat pilpres dan pileg digelar serentak dan semua pihak sibuk berkampanye untuk kepentingan diri dan partainya masing-masing maka menjadi penting adanya sepasukan khusus campaigner pilpres yang fokus dan khusus menggarap TPS. Karena inti dari semua pemilihan adanya di TPS.

Eko mengingatkan, gaya-gaya lama seperti deklarasi di hotel-hotel mewah dan atau penggalangan massa untuk hadir di lapangan lalu dihibur joget-joget dan nyanyi, dampak elektoralnya diragukan.

“Berapa yang hadir, orang mana, mencoblos di TPS mana, jangan-jangan itu penggembira saja yang ikut hadir di sana-sini. Penting untuk diingat, siapapun akan mencoblos di TPS. Mereka yang menguasai TPS terbanyak, itulah yang akan menang,” ungkapnya. (red)

Komentar Anda

comments