Akbar, Dari Gammer Mau Jadi Grand Master Catur

oleh
Akbar & saudara perempuannya. (ist)

Palapanews.com – Kecanduan bermain game ternyata juga bisa berdampak positif, bila pandai memilih jenis permainan. Ada banyak permainan yang bisa jadi alternative, selain untuk kesenangan juga bisa untuk berprestasi.

Akbar adalah salah seorang diantara pecinta game playstation. Semua game yang ayahnya belikan selalu dimainkannya dengan tuntas hingga tamat. Namun, ternyata saat ayahnya memberikan CD game catur dia selalu kalah bermain.

“Lalu akhirnya saya meminta kepada ayah saya untuk belajar di sekolah catur Utut Adianto yang cabang BSD,” kenang pemilik nama lengkap Akbar Adiputra Irawan, yang kini menjadi atlet catur andalan Kota Tangerang Selatan. “Saya mulai main catur dari kelas 5 SD atau sekitar umur 10 tahun,” ungkap Akbar yang te

Diakuinya pilihan menjadi atlet catur merupakan atas kemauannya sendiri, karena dulunya Akbar suka sekali bermain game playstation termasuk game catur.

Dan hanya dalam 8 bulan belajar di sekolah catur, Akbar, anak bontot dari dua bersaudara inipun mampu mengukir prestasi juara catur. “Alhamdulillah waktu itu saya dapet Runner Up Nasional O2SN tahun 2010,” ungkap Akbar.

Untuk mengasah dan meningkatkan kemampuannya bermain caturnya, kini, Akbar biasa berlatih sendiri dan belajar peivate dengan mendatangkan pelatih catur ke rumahnya. Setiap hari minimal 4 jam digunakan waktunya untuk berlatih di malam hari.

“Saya ingin menjadi Grand Master Catur Indonesia yang kuat dan menjuarai di setiap ada turnamen-turnamen di dunia,” tekad Akbar mengungkapkan cita-cita besarnya menjadi maestro catur. (sp/bd)

 

Bio Data

Nama : Akbar Adiputra Irawan

Lahir : Tangerang, 28 November 1998

Ayah : Ir. H. Budi Irawan

Ibu : Harlina

Hobi : Bermain Catur

Cita-cita : Pilot

Sekolah : SDN Rawa Buntu 3

SMPN 11 Tangsel

SMAN 7 Tangsel

PRESTASI

JUARA 3 : ASEAN Malaysia Chess Challenge 2015

JUARA 1 : Nasional Len Rapid Chess Tournament 2016

JUARA 2 : Nasional Piala Imlek Cup Open 2018

JUARA 1 : Piala PDIP Open Banten 2018

JUARA 1 : Kejurda Banten 2010-2017

Komentar Anda

comments