Smoke Hood, Ikan Asap dari Tangerang

oleh
Smoke Hood produk warga Binong. Foto: Mat

Palapanews.com- Inovasi kreatif dalam mengolah makanan bisa mendongkrak daya jual. Itulah yang terus ditekuni pemuda di kawasan Binong, Kabupaten Tangerang yang menciptakan penganan Smoke Hood.

Smoke Hood ini bukan sembarang makanan. Bahan dasarnya dari ikan yang diolah dengan cara diasap. Jenis ikannya beragam, seperti ikan lele, ikan patin ataupun ikan pari.

Salah seorang pengelola, Anjar mengatakan bahwa usaha lele dan patin asap dijalankan bersama dua temannya, yakni Kiki dan Usin.

“Kita bertiga tertantang untuk membuat sebuah usaha. Akhirnya dicetuskanlah ikan lele dan patin asap yang diberi merk Smoke Hood,” kata Anjar.

Menurutnya, pengolahan ikan asap ini cukup mudah. Langkah pertama, ikan dibersihkan lalu direndam air garam selama satu jam. Setelah diangkat dan tiriskan, ikan lalu dibilas.

“Lalu dijemur selama satu jam untuk mengurangi kadar airnya. Setelah itu lakukan pengasapan selama 2 hingga 3 jam,” papar Kiki.

Lele dan Pari yang diasapkan menggunakan alat pengasapan selama beberapa jam tersebut kemudian di biarkan terkena angin selama beberapa saat.

“Kemudian kita lakukan pengemasan dengan brand Smoke Hood,” terang Kiki yang mendampingi Anjar.

Sementara soal pemasaran, Usin mengaku kalau mereka lebih fokus kepada penjualan door to door serta penjualan online.

“Awalnya cuma tawarin ke tetangga dan teman. Sekarang lewat online juga ada, seperti media sosial Instagram. Alhamdulillah, penjualan terus meningkat, tandasnya. (mat)

Komentar Anda

comments