Angkasa Pura II Fokus Kepulangan Atlet Asian Games 2018

Palapanews.com- Jelang berakhirnya event akbar olahraga Asian Games, manajemen pengelola bandara PT Angkasa Pura II telah mempersiapkan diri dalam menyambut kepulangan kontingen para atlet olahraga terbesar se-Asia tersebut.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah menyiapkan Terminal 2 dan 3 untuk proses kepulangan atlet yang berasal dari 45 negara.

Sementara itu, Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, juga telah bersiap diri. Diperkirakan puncak kepulangan terjadi pada 3-4 September 2018.

Merujuk pada data yang dikeluarkan INASGOC selaku organizing committee Asian Games 2018, tidak kurang dari 3.000 gelombang kepulangan. Sehingga persiapan kepulangan para atlet ini perlu menjadi perhatian khusus.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, persiapan matang telah dilakukan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dalam mendukung kelancaran proses kepulangan para atlet.

“Sesuai arahan bapak Presiden bahwa kita harus menjadi tuan rumah yang baik. Oleh karena itu, Angkasa Pura II selaku pengelola bandara harus memberikan yang terbaik. Mulai dari safety, security, services, dan compliance. Khusus untuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah beroperasi 72 parking stand di T3 dengan dilengkapi 41 garbarata sedangkan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang mengoperasikan 18 parking stand dan 8 garbarata untuk kepulangan para atlet,” ujar Awaluddin, Senin (3/9).

Pada masing-masing bandara, Awaluddin menjelaskan, juga telah disiapkan pelayanan khusus atlet diantaranya jalur bersticker khusus para atlet dalam terminal bandara, posko Asian Games 2018 yang siap membantu keperluan transportasi dan logistik para atlet, penanganan khusus bagi atlet yang mengalami cedera atau trauma, pemberian souvenir kepada para ketua delegasi dan atlet, serta penangana kemudahan dalam berkoordinasi dengan pihak maskapai.

Hingga saat ini, atlet yang telah meninggalkan Kota Palembang dan Jakarta tercatat sebanyak kurang lebih 11 ribu kontingen.

Awaluddin menambahkan, jumlah kepulangan atlet dari Palembang dan Jakarta sudah lebih dari 50%. Diperkirakan akan bertambah jumlahnya usai acara penutupan Asian Games 2018 yang dilakasanakn pada 3 September 2018.

“Atlet yang tiba di Palembang sekitar 5 ribu, sedangkan yang sudah kembali ke negara asalnya mencapai lebih dari 3 ribu. Untuk Jakarta, jumlah kepulangan atlet akan melonjak diperkirakan mulai dari 3 September,” jelas Awaluddin.

Selama berlangsungnya penyelenggaraan event empat tahunan ini, manajemen Angkasa Pura II menyambut dengan antusias. Beragam pernak pernik bertema Asian Games 2018 tampak disetiap sudut bandara. Selain itu, publikasi serta aktivasi juga ikut memeriahkan suasana bandara. Flashmob, paduan suara, sports corner, hingga penambahan digtal Asian Games 2018 juga bisa ditemukan di aplikasi Indonesia Airport. (rik)

Komentar Anda

comments