Melanggar, Satpol PP Tangsel Tertibkan PKL

Palapanews.com- Dalam menjaga ketertiban di tempat umum, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangsel melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di sejumlah titik untuk tidak menggunakan bahu jalan dan trotoar. Sedikitnya ada 50 personel melaksanakan apel terlebih dahulu sebelum berangkat ke titik lokasi, Senin (13/8/2018).

Kasi Operasional dan Pengendalian Satpol PP Kota Tangsel, Taufik Wahidin menyampaikan kegiatan ini dilakukan secara rutin untuk memantau titik-titik yang banyak pedagang kaki lima tidak pada peruntukannya misalnya di bahu jalan, trotoar dan lain-lain. Jika dibiarkan dampaknya menganggu pengguna jalan bahkan bisa berpotensi menjadi penyebab kemacetan.

“Kami melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima yang berjualan di atas trotoar dan bahu jalan. kegiatan ini rutin kami lakukan di wilayah Tangsel agar tetap kondusif,” katanya.

Jika tidak ditertibkan dikhawatirkan mereka merasa tidak diawasi oleh pemerintah tidak menutup kemungkinan bakal menetap di lokasi itu. Untuk menyadarkan para PKL yang memanfaatkan bahu jalan, biasanya menggunakan mobil untuk berjualan, petugas mengimbau supaya tidak berjualan dilokasi yang memang bukan peruntukan untuk berjualan.

“Beberapa titik yang kami tertibkan di antaranya Jalan Raya Serpong, Jalan Widya Bakti Tekno dan Jalan Raya Rawa Buntu hingga Stasiun Rawa Buntu serpong dan terkhiar di Jalan Raya Ciater hingga Maruga Ciputat,” tukasnya.

Misalnya di Jalan Raya Serpong, yang kerap banyak PKL menggunakan mobil atau gelaran, dapat diteribkan, diberikan peringatan agar tidak lagi berjualan di bahu jalan.

“Termasuk PKL yang kerap mangkal di Jalan Widya Bakti Tekno jika dari arah Rawa Buntu adanya di sebelah kiri menuju hutan kota dua. Di lokasi juga kerap banyak mobil parkir dibahu jalan biasanya mereka membeli makanan. Tak jauh dari lokasi terdapat putaran, dikhawatirkan menganggu pengguna jalan,” tambahnya.

Sementara Kepala Satpol PP Chaerul Saleh kegiatan dilakukan secara berkala memantau jalan-jalan utama agar tidak banyak PKL yang memanfaatkan bahu jalan untuk berjualan. Perlu diperingatkan supaya mereka pun sadar berjualan di bahu jalan tidak diperbolehkan dan menganggu pengguna jalan yang lain.

“Berkala keliling memantau titik-titik yang dilihat banyak PKL di dan menganggu pengguna jalan,” tuturnya. (nad)

Komentar Anda

comments