Fashion Show Mode Busana Tenun Khas Indonesia Timur

oleh

Palapanews.com – Sejumlah model memperagakan mode busana dari bahan hasil tenunan khas tradisional karya masyarakat Indonesia Timur di Pendopo Living World Alam Sutera, Tangerang Selatan.

Acara itu merupakan bagian dari rangkaian event Festival Indonesia Timur di Living World. Sepanjang Agustus, Pendopo bakal menampilkan kerajinan hasil karya tangan anak negeri, khususnya tenun dan ukiran khas Nusa Tenggara Timur dan Papua.

“Pelanggan bisa melihat langsung keunikan tenun Sumba yang terletak pada motif khasnya yaitu corak manusia, hewan atau tumbuhan, juga tenun Flores yang memiliki ragam hias geometris dengan aneka warna cerah dan mencolok,” jelas Tasya Direktur Pendopo.

Kain tenun yang dihadirkan dibuat dengan teknik yang masih sangat tradisional melalui proses manual yang memakan waktu lama dan panjang. Misalnya, untuk menghasilkan selembar kain tenun saja memerlukan waktu 3-6 bulan.

“Karena seluruh proses dilakukan dengan secara manual. Terutama pada saat pemberian warna yang menggunakan tumbuh tumbuhan alami yang hanya tumbuh di musim tertentu,”tambahnya.

Pengunjung di Festival Indonesia Timur juga bisa menyaksikan langsung proses pembuatan bahan tenunan dengan alat tradisional dan bakal mendapatkan edukasi tentang seluk beluk kerajinan tradisional khas yang di tampiilkan. (bd)

Komentar Anda

comments