600 Anak Depok Larut Dalam Permainan Tradisional

Palapanews.com- Sedikitnya 600 anak terlibat bermain permainan tradisional pada Gelar Ekspresi Anak (GEA) yang digelar Pemerintah Kota Depok, Kamis (2/8). Ratusan anak terlihat larut dalam permaninan tradisional, seperti congklak, angklung hingga musik kelotok.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok, Elly Farida mengatakan, Kota Depok ingin menghidupkan kembali suasana kebersamaan melalui permainan tradisional. Menurutnya, dari permainan tradisional ini banyak nilai-nilai budaya yang bisa dipelajari oleh anak-anak.

“Kami juga ingin menghidupkan kembali semangat, kerja bareng, kejujuran, kompetisi yang sehat. Nilai-nilai seperti itu yang ingin kami tunjukkan pada anak-anak di Depok,” ujar Elly Farida, usai bermain congklak dengan salah satu anak yang hadir dalam GEA di Lapangan Balai Kota Depok.

Dengan diperkenalkannya permainan tradisional ini, diharapkan nantinya anak-anak tidak lagi terfokus dengan gawai yang dipunya. Selain itu dengan permainan tradisional, juga sebagai sarana pengenalan budaya Indonesia agar benih-benih kecintaan dan nasionalisme bangsa tumbuh di kalangan generasi muda.

“Anak-anak yang selama ini hanya mengenal games di gadget, ternyata sangat antusias bermain permainan tradisional,” tandasnya. (kom/red)

Komentar Anda

comments