Komunitas Opera Tebar Virus Literasi di Tangsel

oleh
Sudut Baca Opera di Jelupang. Foto: Nad

Palapanews.com- Organisasi Pemuda Berkarya (OPERA) menebar virus literasi di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Komunitas sosial khusus bidang literasi ini mengajak seluruh masyarakat untuk gemar membaca.

Bambang Hermanto, Ketua OPERA mengatakan salah satu program baru komunitas yang berdiri tahun 2016 silam ini yaitu Ngampar Buku yang dilakukan di Taman Perdamaian BSD beberapa waktu silam.

“Program Ngampar Buku ini bertujuan untuk membangun minat untuk gemar membaca dan menebar virus literasi di Kota Tangsel. Ngampar Buku ini Insyaallah akan menjadi agenda Rutin OPERA pada setia hari Minggu yang bertempat di pusat keramaian secara bergilir,” jelasnya.

Selain mengadakan Ngampar Buku, komunitas beranggotakan 25 remaja asal Kelurahan Jelupang, Serpong Utara, ini memiliki Basecamp yang mengusung “Sudut Baca OPERA” dan juga sekaligus menjadi Tempat Perpustakaan Masyarakat (TPM).

Lebih lanjut Bambang menyampaikan bahwa mempertahankan budaya membaca akan membuka jendela dunia dan bisa mengambil makna yang positif dari ilmu pengetahuan yang terkandung pada sebuah buku.

“Kita mencoba memberikan fasilitas buku untuk di baca secara gratis dan memfasilitasi peralatan menggambar untuk anak anak dengan memanfaatkan fasilitas umum seperti taman bermain atau tempat wisata yang berada di lingkungan Kota Tangsel,” tambah Bambang.

Salah satu program OPERA Ngampar Buku merupakan hal kecil yang sarat akan makna dan nilai positif. Meskipun hanya memanfaatkan taman bermain dan area wisata akan tetapi hal ini turut mencerdaskan generasi bangsa di Kota Tangsel khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Semoga program ini terus berjalan dan dapat mempertahankan budaya gemar membaca untuk membuka jendela dunia,” pungkas Bambang. (nad)

Komentar Anda

comments