Mau Kekebalan Tubuh Kuat? Hindari Kebiasaan Ini

oleh
Kurang istirahat memicu menurunya kekebalan tubuh. Foto: liputan6

Palapanews.com- Disadari atau tidak banyak kebiasaan hidup di perkotaan yang memiliki dampak buruk pada kesehatan, termasuk membuat sistem kekebalan tubuh menurun

Sistem kekebalan tubuh atau imunitas adalah mekanisme pertahanan yang dikembangkan oleh tubuh untuk melawan virus dan bakteri. Memiliki imunitas yang rendah membuat seseorang lebih rentan terhadap berbagai serangan virus dan bakteri, yang pada akhirnya mudah terkena penyakit.

Penurunan sistem kekebalan tubuh yang berasal faktor internal sering kali ditemukan pada masyarakat perkotaan. Terlalu sibuk bekerja terkadang membuat para pekerja sering lembur, kurang tidur dan telat makan.

Sering menghabiskan waktu di depan monitor tentu membuat aktivitas lebih banyak duduk dan kurang bergerak. Belum lagi tambahan terkena kemacetan lalu lintas, semakin kurang gerak dan membuat badan kaku. Kebiasaan itu semakin parah, ketika asupan makanan tidak sehat dan seimbang misalnya keseringan makan makanan cepat saji dan terlalu banyak makanan berlemak dan kurang serat.

Bagi masyarakat kota, penurunan sistem kekebalan tubuh tak hanya mengancam kesehatan melainkan juga mengganggu pekerjaan dan waktu bersosialisasi.

M&C Saatchi, March 2015 menyebutkan bahwa sebanyak 64% koresponden mengalami gangguan kerja, 56% tidak bisa menikmati waktu bersama keluarga dan 47% tidak bisa mampu bersosialisasi dengan orang lain jika tubuh kurang sehat.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

1. Lakukan pola hidup sehat. Istirahat cukup, bangun pagi dan tidur tidak terlalu malam atau begadang.

2. Luangkan waktu untuk berolahraga, minimal dalam sehari 15-30 menit.

3. Konsumsi makanan sehat dan buah-buahan. Minum air putih yang cukup, jangan sampai dehidrasi.

4. Konsumsi vitamin atau suplemen makanan.

Jangan tunggu sakit untuk konsumsi vitamin, tekankan pada diri Anda bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh tak cukup hanya dengan mengkonsumsi vitamin C saja, Anda juga perlu konsumsi vitamin dan zat lain. (red)

Sumber: liputan6.com

Komentar Anda

comments