Buah-buahan Ini Mampu Cegah Penyakit Kanker

Palapanews.com- Kanker masih terus menjadi momok yang menakutkan. Belum lagi, penyakit yang bisa menyerang berbagai bagian tubuh ini belum ada obatnya.

Walaupun belum diketahui secara pasti penyebabnya, kebanyakan kanker makin besar risikonya akibat pengaruh gaya hidup. Bisa karena rokok, obesitas, pola makan yang tidak sehat, banyak minum alkohol, dan lain sebagainya.

Karenanya, mengingat betapa ganasnya penyakit ini, sebenarnya ada hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya.

Melansir Boldsky, banyak makan buah-buahan adalah salah satu metode paling penting untuk menjauhkan kanker. Berikut 6 buah yang paling ampuh mencegah tumbuhnya sel kanker di tubuh:

1. Anggur

Kaya akan flavonoid, yang mengandung properti antioksidan dan antiinflamasi, anggur adalah buah paling baik untuk memerangi kanker. Tak hanya anggur berefek kuat dalam mencegah kerusakan sel sehubungan kanker, buah ini juga bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker di usus, perut, lever, dan payudara.

2. Pepaya

Pepaya sering dikategorikan sebagai “superfood”. Ini karena pepaya mampu memerangi sel kanker menggunakan antioksidan likopen di dalamnya. Terutama di area serviks, prostat, lever, paru-paru dan pankreas. Ditambah lagi, pepaya tidak memiliki efek buruk apapun terhadap sel-sel yang sehat.

3. Avokad

Buah yang sering dijadikan jus ini memberikan pasokan avocation B yang berlimpah, yang menargetkan sel punca yang terkena kanker. Bagian daging buahnya yang berwarna kehijauan juga mengandung karotenoid yang bermanfaat melawan pembentukan tumor.

4. Jeruk

Buah-buahan sitrus seperti jeruk selalu keluar dengan hasil gemilang dari penelitian ilmiah. Ini karena mereka kaya akan vitamin C.

Jeruk melindungi tubuh dari nitrosamines, yang bisa memunculkan kanker pada saluran pencernaan. Limolene, nutrisi yang ditemukan pada kulit jeruk, memiliki peran penting dalam mengaktifkan antioksidan yang akan mendetoksifikasi sistem enzim.

5. Apel

Satu buah apel sehari bisa menjauhkan Anda dari berbagai penyakit, termasuk kanker. Kulit buah apel membawa triterpenoids, yang bisa memicu Maspin, protein yang bisa menekan pertumbuhan kanker. Mastin telah terbukti aktif dalam memerangi sel kanker pada prostat dan payudara.

6. Stroberi

Stroberi juga kaya akan vitamin C, dan berbagai jenis phytonutrients, flavonoids, dan polifenol. Semua nutrisi ini sangat ampuh sebagai agen anti-karsinogen, yang bekerja secara efektif pada kulit, kandung kemih, paru-paru, esofagus, dan payudara. (lip)

Sumber: liputan6.com

Komentar Anda

comments