Selundupkan Lobster, 5 Pegawai Lion Air Ditangkap Polisi

oleh -
Petugas memamerkan pelaku penyelundupan lobster. Foto: Ydh

Palapanews.com- Kepolisian Resort Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang menangkap lima karyawan maskapai lion air karena terlibat dalam sindikat penyelundupan benih lobster yang merugikan negara hingga miliaran rupiah.

Para tersangka telah lima kali berhasil melakukan aksinya pada periode bulan April hingga Mei 2018, dimana masing-masing tersangka mendapat upah 15 juta rupiah untuk satu kali beraksi dengan peran berbeda.

Penangkapan kelima tersangka yakni JL, MI, SH, dan AS dilakukan tim Resmob Polresta Bandara Soetta di tempat berbeda. Berdasarkan hasil temuan koper tersebut, berisi lebih dari 50 ribu benih lobster yang ditolak masuk Bandara Changi, Singapura pada tanggal 10 Juni 2018 lalu karena tidak dilengkapi sertifikat kesehatan dari negara asal.

Kapolres Bandara Soetta, AKBP Viktor Togi Tambunan mengatakan, kelima tersangka merupakan karyawan aktif dari maskapai Lion Air yang bertugas sebagai petugas keamanan atau aviation security maskapai serta bagian ground handling kargo.

“Jabatan dan area kerja dimanfaatkan para tersangka untuk memudahkan penyelundupan benih lobster dengan modus memasukkan paket bagasi tidak melalui jalur semestinya, tapi menggunakan kendaraan operasional langsung menuju bagasi pesawat tanpa melalui pemeriksaan keamanan bandara,” kata Viktor Togi Tambunan.

Viktor menambahkan, pihaknya masih memburu dua orang selaku pemilik dan otak penyelundupan benih lobster menuju negara Singapura.

Atas perbuatan para tersangka negara dirugikan puluhan milyar rupiah. Untuk itu, seluruh tersangka dijerat Undang- undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Undang- undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang perikanan, dengan ancaman enam tahun kurungan penjara. (ydh)

Komentar Anda

comments