Menko PMK Imbau Petugas Pelabuhan Merak Jaga Kesehatan Saat Mudik 2018

oleh -

Palapanews.com- Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani mendatangi Pelabuhan Merak untuk meninjau langsung kesiapan petugas menghadapi arus mudik Lebaran 2018.

Dalam kunjungan tersebut, Puan meminta petugas mudik di Merak tetap menjaga kesehatannya agar mampu melayani pemudik.

“Kita semua harus menjaga kesehatan, bagaimana kita (petugas) memberikan pelayanan, kalau sakit,” ujar Puan di Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2018 di Terminal Terpadu Merak (TTM), Senin (11/06).

Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diprediksi terjadi pada tanggal 12-14 Juni 2018. Puan menjelaskan, petugas dari Polri hingga pengelola Pelabuhan Merak untuk menyiapkan diri menghadapi keramaian para pemudik.

“Saya minta petugas di Merak dan Bakauheni menyiapkan diri menghadapi puncak arus mudik. Jajaran Polri harus bersiap-siap mengatur lalu lintasnya. Sekarang normal, tapi kita enggak tahu besok,” katanya.

Puan menambahkan, kebersihan toilet pun harus dijaga, terutama bagi pemudik sepeda motor. Karena, saat akan mengantre masuk ke kapal, jika mereka ingin ke toilet, maka akan membawa kendaraannya.

Jika hal ini dibiarkan, lanjutnya, maka akan terjadi penumpukkan ke sepeda motor disekitar toilet dan menyebabkan kekacauan arus lalu lintas. Termasuk menjaga ketersediaan air minum dan makanan kecil bagi pemudik roda dua.

“Istirahat, makanan dan minuman, jangan sampai mereka (pemudik) tidak ada makanan dan minuman (gratis),” pungkasnya. (rik)

Komentar Anda

comments