Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Tangerang Bakal Promosikan Taman Hati Anak

oleh -

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Budaya dan Pariwisata (Budpar) Kota Tangerang akan terus melebarkan pembangunan taman yang tersebar di Kota Tangerang.

Taman menjadi salah satu tempat hiburan (bermain), dan sarana edukasi bagi masyarakat Kota Tangerang. Setelah sukses membangun beberapa taman dipusat Kota Tangerang seperti Taman Bambu, Taman Kupu-kupu dan Kelinci (Kunci), dan Taman Burung, Dinas Budaya dan Pariwisata (Budpar) Kota Tangerang akan melakukan promisi tentang Keanekaragaman Hayati dan Ramah Anak atau Taman Hati Anak di seluruh pelosok di Kota Tangerang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pertamanan pada Dinas Budaya dan Pariwisata (Budpar) Kota Tangerang, Tihar Sopian, Selasa (05/06).

Menurut Tihar Sopian, untuk tahun 2019 mendatang, pihaknya akan mempromosikan taman yang diperuntukan bagi anak-anak. Sebab, taman tersebut lebih didominasi dengan permainan anak.

“Taman ini memang lebih dilengkapi dengan permainan anak seperti ayunan, perosotan, dan permainan tradisional lainnya,” kata Tihar seraya menambahkan, untuk pembangunan taman ini, pihaknya akan menggunakan fasos dan fasum yang ada. “Kita mengajak anak- anak untuk beredukasi, sehingga mampu meningkatkan kreatifitas sang anak,”‘paparnya.

Dikatakan Tihar, masyarakat sangat membutuhkan lokasi hiburan dan edukasi. Untuk itu, di 2018 ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Tangerang akan membangun 12 Taman lingkungan.

“Masyarakat sangat membutuhkan taman, dan kami akan membangunnya sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat yang bisa dirasakan manfaatnya,” kata Tihar.

Dikatakan Tihar, nantinya taman lingkungan tersebut dibangun diatas lahan fasos dan fasum dari perumahan. “Ketika hendak membangun pastinya kami melihat apakah lahan ini bermasalah atau tidak,” papar Tihar seraya menambahkan, pembangunan taman lingkungan ini merupakan usulan dari masyarakat yang didukung oleh DPRD Kota Tangerang.

“Lahan yang peruntukan sekitar 200 meter hingga 500 meter. Nanti apabila sudah dibangun tentunya masyarakat harus berpartisipasi dalam menjaga dan merawatnya,” tegasnya.

Selain akan membangun taman lingkungan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Tangerang juga melakukan pemeliharaan dan penyempurnaan fasilitas taman yang ada di Kota Tangerang.

Diketahui, taman merupakan sebuah areal yang berisikan komponen material keras dan lunak yang saling mendukung satu sama lainnya. Taman dapat dibagi dalam taman alami dan taman buatan. Taman yang sering dijumpai adalah taman rumah tinggal, taman lingkungan, taman bermain, taman rekreasi. (Adv)

Komentar Anda

comments