Telinga Berdenging? Redakan dengan Bahan Alami Berikut

oleh -
Sakit telinga.

Palapanews.com- Kondisi telinga yang berdenging atau yang dikenal dengan istilah tinnitus di dunia medis, merupakan sebuah kondisi di mana pasien mengeluhkan terdengarnya suara dengungan yang terjadi secara berulang-ulang dengan intensitas dan durasi yang tidak tentu.

Hati-hati! Meskipun bukan merupakan kondisi kesehatan yang serius, namun tinnitus seringkali menandakan adanya penyakit tertentu di dalam tubuh. Walaupun tidak jarang yang mengaitkan kondisi telinga berdenging dengan kehadiran makhluk halus.

Lantas, apa yang harus dilakukan demi mengobati telinga berdenging? Jika terlalu sibuk dan belum sempat berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa kok menggunakan 8 bahan alami ini sebagai obat telinga berdenging.

  • Ginkgo biloba

Tahukah Anda, apa itu gingko biloba? Tanaman hijau yang berasal dari daratan Tiongkok ini ternyata sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai bahan alami yang efektif untuk melancarakan peredaran darah sekaligus meningkatkan fungsi pendengaran.

Cara paling mudah untuk merasakan manfaat ginkgo biloba adalah dengan rajin mengonsumsi obat suplemen yang mengandung ekstrak daun tanaman ini. Anda dapat membelinya di apotek serta toko obat terdekat, lho!

  • Jahe

Sama seperti ginkgo biloba, senyawa yang terkandung di dalam jahe juga bermanfaat untuk melancarkan perederan darah ke telinga.

Tertarik mencoba? Yuk, siapkan satu ruas jahe, lalu memarkan. Setelah itu, masukkan jahe ke dalam air panas dan rebus selama 10-15 menit. Minum air rebusan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  • Bawang putih

Seringkali, tinnitus dipicu oleh udara dingin di sekitar Anda. Jika sudah begitu, segera atasi dengan bawang putih. Caranya, sangrai 2-3 siung bawang putih hingga mengeluarkan minyak. Nah, minyak inilah yang bisa digunakan sebagai obat tetes telinga setiap kali tinnutus menyerang.

  • Minyak kelapa

Pengobatan alami ini sejalan dengan fakta bahwa minyak kelapa kaya akan kandungan antioksidan sehingga ampuh untuk mengurangi dengingan yang dirasa. Caranya, sisihkan minyak kelapa secukupnya, lalu usapkan ke telinga dengan menggunakan cotton bud.
Ingat! Jangan paksa cotton bud masuk terlalu dalam, ya! Karena hal ini justru akan memicu timbulnya iritasi pada telinga.

  • Daun kemangi

Selain dikenal sebagai bahan penyedap makanan, daun kemangi juga ternyata ampuh untuk obat telinga berdenging. Caranya, rebus beberapa lembar daun kemangi, lalu ambil air perasannya. Setelah itu, barulah Anda dapat menggunakan air perasan ini sebagai obat tetes telinga. Mudah, bukan?

  • Sari cuka apel

Ternyata, sifat anti-inflamasi yang terkandung di dalam sari cuka apel membuat bahan alami ini cocok digunakan sebagai obat telinga berdenging. Cara penggunaannya pun sangat mudah, lho!

Anda cukup menambahkan 2-3 sendok sari cuka apel ke dalam segelas air hangat. Jika dikonsumsi dengan rutin, cara ini niscaya dapat menyembuhkan tinnitus yang diderita dengan segera.

  • Nanas

Penggunaan nanas sebagai obat telinga berdengin ini cukup dengan cara memakannya secara langsung, atau disajikan sebagai jus; Anda dapat langsung merasakan manfaatnya pada organ telinga.

  • Pisang

Siapa sih yang tidak mengenal pisang? Buah yang kaya akan zat potasium ini ternyata dipercaya banyak pihak dapat dijadikan obat telinga berdenging Caranya, Anda dapat rutin mengonsumsi buah pisang setia hari; baik secara langsung, atau diolah menjadi sajian lainnya.

Itulah 8 bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat telinga berdenging. Semoga bermanfaat! (*)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.