Ini Dia Beragam Manfaat Kartu Identitas Anak

oleh -
Pegawai Disdukcapil Tangsel menunjukan KIA. Foto: Nad

Palapanews.com- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menargetkan 130.000 anak menerima Kartu Identitas Anak (KIA). Nantinya, penerima KIA bakal mendapat beragam manfaat.

Manfaat itu, antara lain untuk keperluan pemenuhan hak-hak anak, seperti pada pelayanan publik, pembukaan rekening baru yang isinya lebih lengkap dibandingkan data KTP.

“Data KIA yang dimiliki anak ini disertai dengan nama orangtua,” kata Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan.

Manfaat lainnya, yakni pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Anak yang sudah memiliki KIA, akan begitu mudah mendaftar ke panitia pendaftaran PPDB, jika dibandingkan anak yang belum memiliki KIA.

“Saat mendaftar PPDB untuk SMP misalnya, hanya tinggal menunjukan KIA saja sudah bisa langsung mendaftar,” ujarnya.

Lantas, apa saja syarat untuk mengajukan pembuatan KIA? Dedi mengatakan bahwa orangtua anak hanya diminta menunjukan Kartu Keluarga (KK) maupun Akte Kelahiran. Nantinya, si anak bisa langsung melakukan perekaman.

“Kita targetkan seluruh anak di Tangsel menerima KIA. Prosesnya akan bertahap, dengan cara mengunjungi tiap sekolah yang ada di Tangsel,” tandasnya.

Untuk diketahui, program tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA). (nad)

Komentar Anda

comments