PPDB SMP Dibuka 4-7 Juli, Calon Siswa Harus Siapkan KK

oleh -3.994 views
Ilustrasi.

Palapanews.com- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dibuka pada 4 hingga 7 Juli mendatang.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pun, terus bergerak untuk kelancaran pelaksanaan PPDB 2018 yang akan dilakukan dengan sistem pendaftaran online.

Kabid SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel, Muslim menjelaskan di tiap sekolah nantinya akan dibuka posko untuk orangtua yang kesulitan mendaftar. Posko disiapkan sekolah.

“Tiap sekolah akan ada posko yang bertujuan untuk membantu calon siswa maupun orangtua yang kesulitan atau menemukan kendala,” ucapnya.

Muslim juga mengingatkan kepada calon siswa maupun orangtua siswa agar segera mengupdate Kartu Keluarga (KK) di Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Demi mencegah seperti tahun lalu, kami sudah mengingatkan dan mensosialisasikan agar mengupdate KK. Karena, itu merupakan hal yang terpenting. Meskipun, nantinya ditiap sekolah pada saat PPDB akan terdapat anggota Disdukcapil yang akan membantu mengupdate KK. Tapi, itu kan terbatas dan harus antri,” jelasnya.

PPDB di Tangsel sendiri masih menggunakan sistem Zonasi. Jika, di tahun lalu ada tiga zona berdasarkan Kecamatan. Kali ini, Zonasi akan berdasarkan tiap Kelurahan.

“Kali ini Zonasi berbeda dengan tahun lalu. Nanti, info selebihnya akan diinformasikan. Tapi, kami sudah memberikan sosialisasi ke l tiap Kecamatan di Tangsel,” lanjut Muslim.

Perlu diketahui juga, Dindikbud Tangsel menyediakan kuota 5 persen bagi calon siswa yang ingin sekolah di Tangsel, tetapi bukan beralamat di Tangsel. Selain itu, jalur prestasi juga akan diberikan kepada calon siswa dan akan ada beberapa syaratnya.

“Kalau jalur prestasi, raihan prestasi dari mulai kelas 5 dan 6 yang akan dihitung. Juga prestasinya pun, harus level yang Nasional dan juga lomba yang diselenggarakan oleh penyelenggara resmi, seperti O2SN, OSN, lomba dari KONI, Dispora. Itu yang akan dihitung nilainya,” paparnya. (nad)

Komentar Anda

comments