Lebaran Pandan jadi Ciri Khas Betawi

oleh -

Palapanews.com- Komunitas Pandan Lovers memperingati ulang tahunnya yang ke-4 di kawasan GOR Tangerang, Sabtu (14/4) siang. Pada kesempatan tersebut, juga ditetapkan sebagai lebaran pandan.

Perayaan lebaran pandan berlangsung semarak. Mulai dari pentas musik Betawi, kontes batu pandan hingga santunan anak Yatim Piatu.

Kehadiran legenda Betawi, Mastur menambah kemeriahan lebaran pandan dan ulang tahun Pandan Lovers ke-4 itu. Yang hadir dia acara ini pun bukan hanya dari Jabodetabek, tapi juga dari Bandung, Cirebon, Karawang, Lampung hingga Bali dan daerah lainnya.

Mastur yang juga adik dari Mandra dan Omas itu berharap, Pandan Lovers bisa terus maju, sukses dan eksis. Dia berpesan agar Pandan bisa dilestarikan dan jangan sampai hilang sebagai identitas orang betawi.

“Alhamdulillah hari ini antusias sekali, ada yang buka stand batu pandan, pakaiannya juga khas betawi, ada musik betawi, kontes batu pandan juga sama santunan anak yatim piatu,” ucap Mastur.

“Pandan ini dipake orang betawi, kalau bukan orang betawi siapa lagi yang pakai pandan. Tetap maju terus jangan ilang, meningkat dan meningkat,” harap Mastur lagi.

Ketua penyelenggara, Leboy Harun mengungkapkan, Pandan merupakan idolanya orang betawi. Hari ini pihaknya merayakan ulang tahun yang ke-4 dan menjadikan tanggal 14 April sebagai lebaran pandan.

“Pandan ini sangat unik, kalau dilihat dari sisik atau serat dan variannya berwarna metamorfosis. Jadi pandan yang warna putih bisa menjadi hijau lumut,” kata Leboy.

Warga Perum Karawaci ini bersyukur, dari sebelumnya pandan dipandang sebelah mata, sekarang bisa jadi unggul dibanding yang lain. Harganya pun bisa mencapai ratusan juta.

“Harapan saya batu pandan yang menjadi budaya orang betawi ini agar terjaga kelestariannya serta menghargai budaya dan semakin mencintai pandan,” ucap pria kelahiran 1982 tersebut.

Melalui lebaran pandan ini, Leboy juga berak bisa terus meneguhkan kebersamaan dan menjalin silaturrahmi sesama komunitas pecinta batu pandan.

“Di Tangerang, kita namanya pandan tangerang (Pantang) punya anggota 105 orang. Kalau secara nasional memberinya saja ada 50 ribu orang pecinta pandan. Semoga saja pandan terus dicintai masyarakat, khususnya orang betawi,” tukas Leboy. (ydh)

Komentar Anda

comments