Ganjil Genap di Tol Tangerang Mulai Disosialisasikan

Palapanews.com- Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan memutuskan untuk melakukan uji coba pelaksanaan ganjil genap di Tol Tangerang pada Senin (16/4).

Hal tersebut juga ditegaskan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Saeful Rohman yang mengikuti rapat kerja bersama BPTJ pada Selasa (10/4) ini.

Penerapan ganjil genap di Tol Tangerang nantinya akan dibarengi dengan kebijakan pembatasan kendaraan berat. Dan penerapan jalur khusus bus di Tol.

“Tanggal 16 April 2018 sudah dipastikan pelaksanaan uji coba ini. Sosialisasi dari berbagai media juga terus dilakukan,” ujar Saeful.

Penerapan ini dilakukan mengingat ruas Tol tersebut sudah cukup padat dengan volume capacity ratio level 1. Pelaksanaannya dilakukan di sejumlah ruas Tol yang berada di Tangerang.

“Diberlakukan di Tol Kunciran dan Tangerang. Dari pukul 06.00 – 09.00,” ucapnya.

Penerapan uji coba ini pada hari kerja. Senin sampai Jumat, kecuali hari libur.

“Mekanismenya dari pintu Tol petugas sudah berjaga untuk ganjil genap yang masuk ke Jakarta. Tidak ada sanski, kan sudah ada penjaga di depan gerbang Tol. Kalau waktunya genap, ya yang ganjil tidak boleh masuk. Begitu pun dengan sebaliknya,” kata Saeful.

Sejumlah paket kebijakan pun diberlakukan. Di antaranya lajur khusus angkutan umum atau bus dimulai dari Tangerang hingga Kebon Jeruk.

Kemudian ada pula ganjil genap di akses Tol Jakarta – Tangerang di GT Tangerang 2 dan GT Kunciran. Serta operasional angkutan barang golongan III, IV, dan V dimulai dari Bitung hingga Tomang.

“Besok rencana sosialisasi pembagian flayer atau brosur soal pelaksanaan ganjil genap ini kepada para pengendara di Tol Kunciran Tangerang,” papar satu dari petugas BPTJ. (ydh)

Komentar Anda

comments